Jatim Surga Kuliner Nusantara, Ukir Rekor MURI PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Senin, 26 Oktober 2015 20:07

Surabayakita.com - Anggapan jika Jatim merupakan salah satu surga kuliner ternyata tak sepenuhnya salah. Ini bisa dilihat dari banyaknya prestasi di bidang kuliner Jatim. Terbaru, Jatim raih 3 penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) karena mampu menyajikan 100 macam kuliner raja-raja di nusantara.

Penghargaan tersebut diraih Kepala Badan Ketahanan Pangan Jatim sebagai pemrakarsa dan diberikan pula pada Chef Hugo selaku pembuat 100 sajian kuliner istimewa."Ini rasanya enak sekali karena semua dibuat dari bahan alami. Tidak ada MSG," kata Gubernur Jatim Soekarwo, di Makodam V Brawijaya, Senin (26/10/2015).

Untuk 100 kuliner yang disajikan, berasal dari 25 kerajaan, kraton, dan kasultanan di tanah air. "Ini masih banyak kerajaan di Jawa Timur yang kulinernya belum ikut. Ada Kerajaan Singosari, Kerajaan Dhoho Kediri, Kerajaan Jenggolo Sidoarjo, sampai Kerajaan Blambangan Banyuwangi. Biar dapat MURI lagi nanti ditambah,"jelasnya.

Adapun 100 makanan raja dari 25 kerajaan, kraton, dan kasultanan di tanah air tersebut dibuat khusus dan disajikan oleh Chef Hugo. Ke-25 kerajaan itu, yakni Kerajaan Sumedang Larang, Kerajaan Banten, Kerajaan Mataraman Pakualaman, Kerajaan Mataraman Ngayugjokarto Hadiningrat, Kerajaan Pagauyung, Kerajaan Arosbaya Bangakalan, dan Kerajaan Kutai Kartanegara.

Selain itu, ada pula Kerajaan Toraja, Kerajaan Giri Kedaton, Kerajaan Majapahit, Kerajaan Gianyar, Kerajaan Jembrana, Kerajaan Larantuka, Kerajaan Buton, Kerajaan Goa Makasar, dan Kerajaan Kedatuan Lombok.

Adapula dari Kraton Kasepuhan Cirebon, Kraton Kanoman, dan Kraton Sumenep. Sedangkan kasultanan, yakni dari Kasultanan Kadriyah Pontianak, Kasultanan Sambilayung, Kasultanan Gunung Tabur, Kasultanan Bacan, Kasultanan Siak, dan Kasultanan Kerajaan Telaga (Padelaman Cianjur)

Tak hanya berupa festival saat peringatan Hari Pangan Sedunia, Soekarwo juga menargetkan pembangunan kembali 295 rumah khas Mojopahit di Desa Becicong, Kec Trowulan, Kab Mojokerto.(SK3)

 
Copyright © 2017. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com