IFI Sby Hadirkan Komikus Prancis Simon Hureau PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Jumat, 30 Oktober 2015 18:31

Surabayakita.com - Simon Hureau, komikus Prancis berkunjung ke Indonesia awal November 2015 dan tampil di  Institut Français Indonesia (IFI) Surabaya  untuk berjumpa publik dan seniman komik.

Simon Hureau telah merilis sejumlah album komik. Mengambil jurusan Ilustrasi di École supérieure des arts décoratifs Strasbourg, ia memenangkan penghargaan ke-2 sebagai Komikus Muda Terbaik pada Festival Komik Internasional Angoulême tahun 2001.

Simon Hureau pernah ke Indonesia tahun 2011, mengunjungi beberapa kota termasuk Surabaya, untuk mengikuti festival komik “Cergamboree” di CCCL (nama lama IFI Surabaya).Bersama 3 teman komikus Prancis yang juga pernah ke Surabaya, ia baru saja merilis album komik tentang perjalanan mereka di Indonesia, "Kompilasi Komikus".

Selama berada di Surabaya, Simon Hureau dijadwalkan mengisi acara SMKN 12 (2 November), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (3 November) dan Auditorium IFI Surabaya (3 November. Untuk kunjungan komikus Prancis ke SMKN 12, ini adalah pertama kalinya IFI Surabaya bekerjasama dengan SMKN 12 di bidang seni komik. Simon akan mempresentasikan karyanya dan berdiskusi dengan siswa-siswi antara lain dari jurusan Animasi.

"Pada kunjungannya ke ITS, IFI Surabaya bekerjasama dengan Jurusan Desain Produk ITS, Simon Hureau akan berbagi pengetahuan dengan rekan- rekan mahasiswa kelas ilustrasi Desain Komunikasi Visual. Acara yang terakhir di Surabaya, IFI Surabaya menggelar Sharing Session," ujar Pramenda Krishna dari IFI Surabaya.

Acara ini ditujukan baik bagi penggemar, pegiat komik maupun komikus Surabaya, untuk bertukar pengalaman seputar seni komik. Acara terbuka untuk umum dan gratis. Kedatangan Simon Hureau di Indonesia kali ini juga untuk mengikuti Ubud Writers and Readers Festival 2015, atas undangan IFI.

Simon Hureau menerbitkan komik-komik pertamanya saat masih duduk sebagai mahasiswa Arts Déco di Strasbourg. Kemudian, ia mulai membuat berbagai cerita tentang catatan-catatan perjalanan, beberapa kisah roman punk, buku anak-anak yang kocak, sketsa, serta ukiran.

Selepas mengisi workshop keliling Jawa-Bali yang diselenggarakan oleh IFI pada 2011, Simon Hureau bersama 3 komikus lain membuat catatan perjalanan komik tentang Indonesia, Kompilasi Komikus, yang diterbitkan oleh La Boîte à Bulles. Tahun ini, ia kembali ke Indonesia untuk memenuhi undangan Ubud Writers & Readers Festival dan IFI.(SK3)

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com