Pasien Diare Meningkat Pada Musim Hujan PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Selasa, 16 Februari 2016 16:29

Surabayakita.com - Waspadai sakit diare saat musim hujan ini. Sebab pasien diare di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSU dr Soetomo, jumlahnya naik. Bulan lalu, ada 256 pasien diare.

Menurut Kepala IGD RSUD Dr Soetomo, dr Urip Murtedjo SpBKL, Selasa (16/2), musim hujan selalu berdampak pada penyebaran penyakit."Kalau pada bulan bulan biasnya jumlah penderita diare tidak sampai 50 pasien. Tapi pada musim hujan ini meningkat tajam" katanya.

Ada beberapa sebab banyaknya pasien diare ini. Diantaranya dipicu kebiasaan masyarakat dan dampak dari musim hujan sendiri. Saat musim hujan dan banjir mengakibatkan virus atau bakteri pembawa diare tersebar.

Kebiasaan masyarakat yang kurang menjaga kebersihan, khususnya mencuci tangan setelah buang air dan sebelum makan. Membuat risiko terserang diare menjadi meningkat. “Kondisi ini membuat banyak orang yang terserang diare dan mudahnya bakteri atau virus penyebab diare menyebar luas,” tutur Urip.

Agar jumlah pasien diare tidak terus bertambah, ia mengimbaumasyarakat harus meningkatkan kesadaran kebersihan dan kesehatan lingkungan. Bahkan tidak sedikit pasien yang datang ke IGD sudah dalam diare parah dan terlambat, sehingga penanganannya lebih sulit. “Seharusnya saat sudah mengalami gejala diare segera berobat jangan menunggu parah,” katanya.

Selain diare, jumlah pasien panas juga masih banyak, sekitar 111 pasien dalam satu bulan. Walaupun tidak sebanyak diare, akan panas juga harus menjadi perhatian agar penangananya tidak terlambat. Karena panas bisa mengarah pada demam berdarah atau panas biasa.(SK4)

 
Copyright © 2017. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com