Lion Wings Gelar Zinc Trail Run Di Taman Dayu PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Jumat, 26 Februari 2016 23:19

Surabayakita.com - ZINC kembali hadir ditahun 2016 dalam event lari yang lebih menantang yaitu “ZINC TRAIL RUN”, setelah sukses menyelenggarakan ZINC VERTICAL RUNNING di tahun 2013 – 2014, yang merupakan lomba lari secara vertical dengan menaiki gedung tinggi.  ZINC men-challenge para muda untuk break the limit tanpa takut ketombe yang membatasi aktifitas & mengorbankan kesehatan rambut tentunya! .


Antusiasme masyarakat terhadap event ZINC TRAIL RUN ternyata sangat tinggi. Ini terbukti saat Zinc Trail Run pertama kali digelar Lion Wings di Dusun Bambu, Bandung pada tanggal 1 November 2015 mampu menyedot 794 peserta WNI dan 1 WNA. Melihat tingginya animo masyarakat pada olahraga trail running ini, Lion Wings kembali melanjutkan seri Zinc Trail Run 2016.

Panitia Penyelenggara, Manager Marketing Support  Wings Surya Surabaya, Lilik Sianto, dalam jumpa media di Yoshinoya Restaurant, Lenmarc Mall Surabaya, Jumat (26/2/2016),  mengatakan, Zinc Trail Run 2016 dijadwalkan digelar di dua kota. Pada tahun ini akan dilaksanakan di The Pines Camping Ground Taman Dayu, Pandaan, Jawa Timur,  3 April 2016 dan selanjutnya akan diadakan di Bali.

“Zinc Trail  Run di Taman Dayu akan dilaksanakan mulai pukul 06.30 WIB hingga pukul 11.00 WIB dengan jarak tempuh 12 K. Kami yakin, peserta akan merasakan aroma kesejukan alam Taman Dayu Pandaan. Peserta juga mendapatkan pengalaman yang berbeda dari trail running di tempat lainnya,”ujar Lilik.

Zinc Trail Run 2016, papar Lilik, menargetkan 1000 peserta dengan 2 kategori pria dan wanita yang berusia diatas 12 tahun. Ia optimis jumlah tersebut bisa tercapai sebelum hari H pelaksanaan di Taman Dayu.
Peserta dapat melakukan registrasi secara online di www.amazinctrailrun.com yang dibuka sejak 3 Februari dan ditutup pada 31 Maret 2016.

Uang pendaftaran sebesar Rp 150.000,00, peserta akan mendapatkan race pack yang berisi jersey, running bag, water bladder, whistle, manual book, masker, shampoo, dan kupon doorprize.

Sejak registrasi secara online dibuka, hingga Jumat (26/2/2016) tercatat ada 179 peserta. Jumlah ini, kata Lilik, akan terus bertambah sejalan kegiatan pre-event  seperti  Car Free Day dan Zinc goes to Campus pada Maret mendatang.  

Sedangkan saat  main event di Taman Dayu, setelah peserta menuntaskan jarak tempuh trail running akan mendapatkan perawatan rambut dari Zinc serta menikmati bazar kuliner sembari menikmati aneka hiburan musik. MC kondang, Rico Ceper akan menemani peserta dalam menikmati kesejukan udara Taman Dayu.

Sementara itu, Agus Gianto Product Coordinator Zinc Shampoo mengatakan Zinc Trail Run 2016 merupakan perlombaan lari 12 km yang dilakukan di pegunungan yang melewati jalan bebatuan, jalan menanjak, padang ilalang dan hutan pinus. “Ada dua tujuan yang kami bidik yakni meningkatkan brand awareness masyarakat terhadap produk Zinc serta memberi wadah bagi para pehobi trail running untuk meningkatkan kemampuannya dalam berlari,”tukasnya.

Agus menjelaskan Zinc Shampoo memilih mengadakan acara trail run ini karena Zinc selalu mengadakan event-event yang berbeda dari yang lain dan mempunyai tantangan yang lebih, sehingga Zinc ingin membuat image dalam membuat event di luar dari kebiasaan event yang ada. Sehingga terciptalah Zinc Trail Run dimana medan lari yang ditawarkan berbeda dengan medan lari yang biasa orang lakukan.

Ia menambahkan  Zinc Trail Run 2016 ini akan menyediakan hadiah uang tunai untuk 3 juara pada masing-masing kategori. Untuk kategori Pria juara I Rp 10.000.000 ; juara 2 Rp 5.000.000; juara 3 Rp 3.000.000. Kategori Wanita nilai hadiahnya juga sama yakni juara I Rp 10.000.000; juara 2 Rp 5.000.000 dan juara 3 Rp 3.000.000.

Reza Ferdian pelari dan juga dari komunitas lari  Indorunners menjelaskan trail running sama halnya dengan lari di jalan raya seperti yang selama ini dilakukan. Hanya saja,  bedanya trail running itu berlari di jalur hiking di pegunungan, jalur setapak, perbukitan, atau  jalur trail lainnya. Sedangkan untuk yang berlokasi di ketinggian di atas 2000 mdpl biasanya disebut Sky Running, karena dari ketinggian tersebut biasanya pelari sudah sejajar atau di atas dengan kumpulan kasur awan jika cuaca mendukung.

Untuk kategori jika dilombakan juga hampir sama seperti lari pada umumnya yang berdasarkan jarak yakni 10 Km, 21 Km (Half Marathon), 42,195 Km (Full Marathon), dan  lebih dari 50 Km (Ultra). Namun dikarenakan kondisi lintasan yang bermacam-macam jarak tempuh terkadang lebih beberapa Km menyesuaikan dengan kondisi lingkungan.

“Trail running selain membuat badan anda sehat karena berlari di tengah udara nan sejuk di pegunungan jauh dari polusi kota, juga bisa dijadikan salah satu cara baru dalam menjelajah di era baru penjelajahan khususnya di Indonesia yang kaya akan wisata alamnya”, ungkap Reza.

Selain  kondisi fisik yang cukup terlatih dalam hal berlari, kata Min Lay Hash Master dari komunitas Asri HHH yang ditunjuk sebagai race management, untuk trail running ini perlu perlengkapan standar dan  akan sedikit berbeda dengan road running, seperti pakaian lari dan sepatu yang memadai.

“Kami sarankan, peserta untuk memakai sepatu trail. Sepatu road running bisa juga dipakai untuk trail running. Namun sepatu khusus trail running akan lebih berfungsi baik karena disesuaikan dengan medan yang akan dihadapi. Selain itu, tas untuk membawa water bladder, jaket, snack, dan perintilan trail running lainnya dan tidak kalah pentingnya bawa simple first aid kits,”papar Min Lai.

Min Lai menegaskan ada enam langkah bagi peserta trail running khususnya pemula, yang harus diperhatikan. Yakni,  temukan lokasi trail running; pelan-pelan dan berjalan cepat; jangan malu untuk berjalan saat ditanjakan terjal;  jaga jarak dengan pelari lain di depan; berhati-hati terhadap batu licin dan be safe. (SK1)

Foto : (Dari Kiri ke kanan),  Lilik Sianto (Manager Marketing Support  Wings Surya Surabaya) , Min Lay (Hash Master dari komunitas Asri HHH), Reza Ferdian (pelari dan juga dari komunitas lari  Indorunners) dan Agus Gianto (Product Coordinator Zinc Shampoo).

 

 
Copyright © 2017. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com