Sambut Ramadhan, RAR Bagikan 1.000 Paket Takjil PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Kamis, 09 Juni 2016 22:02

Surabayakita.com -  Menyambut datangya bulan suci Ramadhan 1437 Hijriah, Komunitas Peduli Surabaya Rek Ayo Rek (RAR) membagikan 1.000 paket takjil kepada pengguna jalan di Jl. Panglima Sudirman Surabaya samping monumen bambu runcing, Kamis (9/6/2016) petang.

Sekitar 30 anggota RAR sudah nampak di lokasi sejak pukul 16.00 wib. Kawasan ini dipilih karena menjadi jalur protokol yang selalu ramai setiap harinya utamanya pada jelang buka puasa.

Ketua Umum RAR Herman Rivai mengatakan, ada 1.000 paket takjil yang dibagi pada sesi pertama. "Pada sesi berikutnya ada 1.000 paket lagi pada lain hari," kata Herman disela pembagian takjil.

Pria yang akrab disapa Meneer ini menyebut, sumber pembelanjaan takjil berasal dari swadaya anggota RAR serta bersumber dari sejumlah donatur. "Kesempatan partisipasi takjil kami buka dalam seminggu. Per paket takjil senilai Rp10.000. Alhamdulillah terkumpul 2.000 paket takjil yang akan dibagikan untuk dua sesi di hari berbeda," sambungnya.

Herman yang juga ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa Timur ini menyebut dalam waktu 15-20 menit, 1.000 paket takjil ludes. "Selain kue, ada minuman kemasan, ada kolak dan lainnya," rincinya.

Pembagian tidak sampai memadatkan, apalagi memacetkan arus lalu lintas. "Teknis pembagian kami atur sedemikian rupa supaya tidak ada efek kemacetan. Kami membagi dari pedestrian," tukasnya.

Untuk sampah juga tidak ada di lokasi pembagian. Ini karena kemasan langsung dibawa pengguna jalan yang menerima takjil. Selain pengendara motor, pengemudi mobil, , pemulung yang kebetulan melintas.

Agus, warga Waru Sidoarjo mengaku senang menerima takjil. "Alhamdulillah. Setidaknya ini bisa untuk membatalkan puasa di jalan. Kalau ada komunitas, pihak lain yang mengadakan acara seperti ini tentu akan membantu orang yang berpuasa dan saat waktu berbuka sedang ada di jalanan," tuturnya.

Rencananya pembagian takjil tahap berikutnya dilakukan tidak lagi di pinggir jalan raya. Tetapi akan dibagikan di rumah sakit dengan sasaran para penunggu pasien atau masyarakat yang sedang berada di rumah sakit. Belum ditentukan rumah sakit mana yang akan menjadi tempat pembagian takjil.(SK1)

 
Copyright © 2017. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com