Bank Jatim Rangkul Bank Daerah Asal China PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Senin, 27 Juni 2016 15:44

Surabayakita.com - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk akan mewwujudkan rencananya untuk go internasional dengan melakukan kerjasama dengan sesama bank milik pemerintah China. Kerjasama ini akan diwujudkan tahun ini.

Kerjasama yang dibidik Bank Jatim adalah bidang perbankan baik konvensional maupun syariah. Menurut Direktur Utama Bank Jatim R. Soeroso, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan dua bank asal Cina berlangsung di Singapura belum lama ini.

Soeroso mengaku belum dapat menyebutkan nama bank yang akan bermitra dengannya. Semua akan dikemukakan dengan lebih jelas manakala MoU sudah ditandatangani. Dia hanya menyatakan sejauh ini Indonesia tampak menggiurkan di mata dunia karena tingkat suku bunga yang masih tinggi.

Menurutnya, kemitraan tersebut masih perlu dibahas secara lebih intensif. Kedua belah pihak berencana mengikat diri dalam nota kesepahaman (MoU) pada bulan depan atau selepas Idulfitri 2016. “Kerja sama G to G dengan BPD Cina dari Nanyang ini untuk membiayai pula aktivitas ekspor dan impor antara Jatim – Cina, Letter of Credit yang kita biayai,” tuturnya, Senin (27/6).

Kemitraan dengan BPD asal Negeri Tirai Bambu diklaim sebagai upaya Bank Jatim menunjukkan gigi sebagai bank yang go international. Sebetulnya ada dua bank yang tertarik bermitra selain BPD, satu lagi adalah bank syariah.

Baik bank syariah maupun BPD berencana untuk menyalurkan ZIS mereka. Untuk bank syariah akan mengalokasikan Rp 3,5 triliun, sedangkan dari BPD Rp 1,5 triliun. Lantas dua bank ini menginginkan Bank Jatim menyalurkan dana Rp 5 triliun sebagai kredit produktif dengan bunga 0%.

Bagaimanapun kerja sama itu seperti dua sisi mata uang, ada segi menguntungkan dan mengancam. Treasury Bank Jatim tengah mempertimbangkan risiko suku bunga dan volatilitas nilai tukar. Kendatipun Yuan sendiri tidak terlalu volatile tetap saja harus lindung nilai (hedging) untuk antisipasi risiko. (SK3)

 
Copyright © 2017. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com