Tiga Komisioner Bawaslu Jatim Ditahan PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Jumat, 15 Juli 2016 17:30

Surabayakita.com - Tiga orang komisioner Bawaslu Jatim ditahan di Rutan Medaeng Waru Sidoarjo, usai menjalani  sidang perdana di Pengadilan Tipikor Surabaya, Jumat (15/7/2016).

Ketiganya adalah Ketua Bawaslu Jatim Sufiyanto dan dua anggotanya Sri Sugeng Pudjiatmiko serta Andreas Pardede. Penahanan ketiganya tak diduga sebelumnya.

Penahanan mereka diputuskan oleh hakim yang memimpin sidang karena khawatir terdakwa melarikan diri, menghilangkan barang bukti dan melakukan perbuatan pidana lagi. Penahanan dilakukan hingga 13 Agustus 2016.

Berdasarkan dakwaan JPU, disebutkan Sufyanto melakukan perbuatan yang  merugikan negara sebesar Rp 76 juta. Sedangkan Andreas disebutkan merugikan negara Rp 71,5 juta. Sementara Sri Sugeng dianggap merugikan negara Rp 176 juta.

Penahanan ketiga orang komisioner Bawaslu Jatim ini membuat lembaga ini mengalami kekosongan kepemimpinan. Tim kuasa hukum ketiganya berencana melakukan penangguhan penahanan.

"Penahanan ini membuat kami sangat prihatin dan tidak menduga sebelumnya. Ini karena masih ada tahapan pemilukada di Kota Batu tahun 2017. Bawaslu Jatim saat ini lumpuh," kata Tim Asistensi Bawaslu Jatim Muzakki kepada wartawan di kantor Bawaslu Jatim, Jalan Tanggulangin Surabaya, sore hanrinya.

Muzakki menyatakan sudah melaporkan masalah ini kepada Bawaslu RI. Termasuk juga saat ini Bawaslu Jatim masih menunggu penunjukan Plt untuk operasional selanjutnya.(SK1)

 
Copyright © 2017. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com