Satu Gedung, Dipakai Ngantor Camat Rungkut Dan Lurah Kalirungkut PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Rabu, 04 Januari 2017 20:19

Surabayakita.com - Walikota Surabaya Tri Rismaharini meresmikan kantor baru Kecamatan Rungkut dan Kelurahan Kalirungkut pada Rabu (4/1/2017) pagi. Kantor kecamatan Rungkut dan kelurahan Kalirungkut ini berada di dalam satu gedung meski berbeda lantai.

Bangunan kantor vertikal tiga lantai yang berada di jalan Rungkut Asri Utara Nomor 1 Surabaya ini juga merupakan salah satu terobosan yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam melayani masyarakat.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini ketika meresmikan kantor kecamatan dengan konsep pelayanan terpadu tersebut dibangun tidak untuk sekadar gagah-gagahan. Tetapi ada banyak kemanfaatan yang bisa dirasakan dari bangunan kantor baru tersebut. Tidak hanya oleh masyarakat. Tapi juga oleh Pemkot Surabaya.

“Masyarakat di sini akan lebih dimudahkan karena setelah mengurus di kelurahan, bisa langsung ke kecamatan. Jadi, nggak perlu pindah. Kapasitas nya dan aksesnya juga lebih bagus,” tegas Wali Kota Tri Rismaharini.

Wali kota menjelaskan, nantinya, di lantai I kantor tersebut akan diplot khusus untuk pelayanan masyarakat serta ruang rapat yang bisa dipakai masyarakat dari segala lapisan, termasuk untuk penyandang disabilitas. Untuk lantai II, selain kantor kecamatan, juga kantor kelurahan. Dan di lantai III ada ruang yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan masyarakat.

“Nanti bila perlu, dinas-dinas juga akan buka dan melayani di kantor (kecamatan) yang secara sarana dan prasarana memenuhi. Ini Dinas Cipta Karya sudah turun melayani di kecamatan” sambung wali kota yang pernah menjabat Kepala Badan Perencaaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya ini.

Selain memberikan kemanfaatan bagi masyarakat, Pemkot juga merasakan keuntungan dari bangunan kantor yang didesain ramah lingkungan ini. Keuntungan yang paling kentara adalah adanya penghematan. Semisal karena bangunan ini didesain dengan pencahayaan bagus, maka ketika siang hari tidak perlu memakai penerangan lampu. Kantor Kecamatan Rungkut yang baru tersebut juga memiliki corner untuk memajang produk hasil UKM warga. “Bangunan vertikal ini juga memungkinkan kita untuk lebih banyak bergerak yang tentunya menjadi lebih sehat,” sambung wali kota.

Menurut wali kota, konsep kantor terpadu yang diterapkan dalam bangunan vertikal Kantor Kecamatan Rungkut ini juga akan diduplikasi di wilayah kecamatan lainnya. Salah satunya di Kecamatan Benowo.

Camat Rungkut, H.Syafik mengatakan, keberadaan kantor baru tersebut memotivasi dirinya dan juga jajaran kecamatan untuk bekerja lebih maksimal dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat. “Karena fasilitas nya sudah lebih baik, sudah ada semua, tentunya kami akan berupaya untuk bekerja lebih baik lagi,” ujarnya. (SK1)

 
Copyright © 2017. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com