Atasi Antrean Pendaftaran Pasien, RSUD Dr Soetomo Gunakan Layanan Berbasis IT PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Selasa, 17 Januari 2017 18:06

Surabayakita.com - Antrean pendaftaran pasien yang akan berobat di RSUD dr Soetomo Surabaya tiap harinya masih panjang. Untuk menyederhanakan antrean pasien, manajemen rumah sakit terbesar di Indonesia Timur itu akan membuat layanan berbasis online akhir Januari 2017.

Layanan memanfaatkan teknologi IT ini akan dilakukan di Instalasi Rawat Jalan (IRJ).Tiap hari antrean panjang tak bisa dihindari bahkan pasien harus berbaris antre sampai mengular.

Wakil Direktur Penunjang Medik RSUD dr Soetomo, Dr dr Hendrian Dwikoloso Soebagjo SpM (K) saat rapat lanjutan Rencana Layanan Pasien berbasis online di IRJ RSUD dr Soetomo, Selasa (17/1) menyampaikan, sebagai rumah sakit tersier terbesar di Indonesia Timur, sampai saat ini Soetomo punya masalah dalam menyelesaikan antrean rawat jalan.

"Setiap Loket belum buka ratusan keluarga pasien sudah antre di loket rawat jalan, bahkan hingga ruang tidak cukup, ini yang coba kita hilangkan, dengan membangun Gedung IRJ dengan sistem layanan online," katanya.

Untuk mewujudkannya, dr Soetomo menggandeng Dinas Kominfo Jatim dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS ) harapannya saat peresmian Gedung IRJ oleh Gubernur Jatim, tidak ada lagi antrean pasien secara manual diganti sistem pendaftaran online.

Kepala Dinas Kominfo Jatim, Eddy Santoso menambahkan, saat ini harapan masyarakat kepada kinerja pemerintah sangat tinggi terutama dalam hal pelayanan. "Masyarakat saat ini sangat kritis dalam menyorot kinerja pemerintah, mereka biasanya menggunakan media sosial untuk mengkritik segala hal yang mereka anggap tidak benar agar permasalahan bisa segera teratasi," katanya.

Menyikapi perkembangan teknologi ini, lanjut Eddy Dinas Kominfo langsung diperintahkan Gubernur Jatim untuk mengawal informasi yang tersebar di media sosial sehingga tidak sampai menjadi polemik yang mengganggu ketentraman masyarakat," tuturnya.

Sementara terkait rencana dr Soetomo menggunakan Teknologi Informasi untuk menjalankan layanan kesehatan berbasis online, Eddy mengaku siap mengawal hingga sistem baru ini bisa dijalankan secara sempurna. "Pak Gubernur ingin Jatim bisa menjadi provinsi yang terdepan dalam perkembangan Teknologi Informasi," ungkapnya. (SK3)

 
Copyright © 2017. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com