Unusa Masukkan Mata Kuliah Kepramukaan Untuk S1 PGSD PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Selasa, 04 April 2017 13:07

Surabayakita.com – Menyadari banyak manfaat dari Pramuka, Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) memasukkan Matakuliah Kepramukaan dalam kurikulumnya. Mahasiswa S1 PGSD Unusa mengikuti Latihan Rutin Matakuliah Pramuka di Halaman Tower Unusa, Selasa (4/4/2017).

Ketua Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unusa, Sri Hartatik, S.Si, M.Pd menuturkan, Pramuka merupakan salah satu ekstrakurikuler wajib di Sekolah Dasar sehingga Prodi S1 PGSD Unusa memasukkan Matakuliah Pendidikan Kepramukaan. Kurikulum Prodi dengan bobot SKS 2 yang terdiri dari praktik dan teori sebagai bekal awal mahasiswa S1 PGSD sebagai Pembina Pramuka di Sekolah Dasar.

Menurutnya, Pramuka adalah wadah yang sangat terbuka tanpa membatasi umur, jenis kelamin atau hal yang lainnya. Karena tujuan utama dari pramuka adalah memberikan pendidikan untuk semua golongan yang tujuan akhirnya adalah menjadi insan yang lebih baik.

Selain itu Pramuka memiliki tujuan yang jelas karena pramuka memiliki landasan dasar kode etik  yang berasaskan pancasila. Adapun kode etik pramuka adalah yang sering kita dengar yaitu tri satya dan dasa dharma.

“Harapan kami ke depan, mahasiswa S1 PGSD Unusa tidak hanya memiliki kompetensi akademik yang bagus namun juga mampu memiliki kemampuan yang mumpuni dan berkarakter sesuai Dasa Darma serta menjadi pembina Pramuka yang juga memiliki nilai-nilai leluhur Aswaja,” ungkapnya.

Rochmatul Ummah, Mahasiswa S1 PGSD Unusa menuturkan, dirinya sangat senang ketika mendapatkan matakuliah Kepramukaan ini. Materi-materi yang diterimanya sangat bermanfaat untuk adik-adik yang studi di jenjang Sekolah Dasar.

“Materi yang kita terima ini, semoga dapat meningkatkan kreativitas para pendidik Sekolah Dasar, khususnya mahasiswa S1 PGSD Unusa,” tutur mahasiswa Semester 6 tersebut. (SK2)

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com