Anggota DPRD Sby Dibangunkan Gedung Baru Senilai Rp 60 M PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Selasa, 02 Mei 2017 20:12

Surabayakita.com – Gedung megah DPRD Surabaya yang ada di Jl. Yos Sudarso saat ini akan dilengkapi gedung baru delapan lantai. Proyek itu akan dimulai Juli 2017.

Rencananya gedung baru ini berada di sebelah barat gedung lama. Gedung itu akan tersambung dengan gedung lama dan Balai Pemuda.

Menurut Ketua Komisi C DPRD Surabaya, Syaifudin Zuhri, alasan dibangunnya gedung baru DPRD tersebut karena gedung lama sudah dianggap kurang memenuhi fasilitas yang dibutuhkan kinerja anggota dewan.

Di gedung baru itu nanti akan dilengkapi ruang rapat terbuka anggota dewan dengan para konstituen/pemilih. Juga ada ruangan untuk konsultasi anggota dewan dengan pihak lainnya seperti konsultan atau pakar.

Selama ini bila ada konstituen yang datang dan ingin bertemu anggota dewan biasanya langsung bertemu di ruang komisi. Kalau pada saat itu tidak ada agenda di komisi, konstituen bisa langsung bertemu anggota dewan yang dimaksud. Tapi kalau ruang komisi digunakan hearing, konstituen harus menunggu.

Gedung baru ini nantinya diharapkan akan memberikan privasi bagi 50 anggota DPRD Surabaya. “Jika ada pengaduan masyarakat, anggota dewan kan membutuhkan ruang privasi,” tuturnya.

Menurut politisi PDIP ini kegiatan yang dilakukan para anggota dewan di gedung baru tersebut merupakan bagian dari fungsi control yang dijalankan dalam pelaksanaan pemerintahan.

“Selama ini kalau ruangan komisi dipakai,  jika bertemu konstituen kami harus keluar ruang rapat dulu, sehingga kurang efektif karena tidak ada ruangan khusus,” papar pria yang akrab disapa Ipuk.

Bangunan baru untuk kantor wakil rakyat Surabaya delapan lantai ini akan menghabiskan dana lumayan besar Rp. 60 miliar. Namun karena dana sebesar itu belum tersedia sekaligus, maka pembangunannya dilakukan bertahap.

Untuk tahap pertama hanya akan dibangun tiga lantai dulu. Dana APBD untuk tiga lantai ini disediakan Rp 25 miliar.

Meski ada gedung baru, gedung DPRD existing tetap akan difungsikan seperti saat ini. Ruang  komisi, rapat paripurna, ruang wakil ketua dan ketua tetap dipertahankan.(SK1)

 
Copyright © 2017. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com