Jamin Akurasi Pengukuran Pemakaian Air, PDAM Ganti Meter Air 'Tua' PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Jumat, 12 Mei 2017 20:57

Surabayakita.com - Untuk memberikan kenyamanan penggunaan air bersih, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Surabaya akan mengganti meter air yang sudah berumur di rumah rumah pelanggan.

Program meterisasi ini sebenarnya sudah dijalankan tiap tahun. Hanya saja karena jumlah pelanggan PDAM yang mencapai 500 ribu sambungan, maka penggantian meter air harus dilakukan secara bertahap.

PDAM akan mengganti semua meter air yang telah dimakan usia. "Akan dilakukan secara bertahap terhadap meter air yang berumur lima tahun sampai 10 tahun. Kami berharap kerjasama kepada para pelanggan yang didatangi petugas kami. Penggantian meter air ini gratis," ujar Manajer Sekretariat dan Humas PDAM Surya Sembada, Ari Bimo Sakti kepada wartawan, Jumat (12/5/2017) siang.

Untuk mengenali petugas PDAM yang datang ke rumah rumah pelanggan cukup mudah. Selain dibekali tanda pengenal, para petugas lapangan ini akan memakai seragam dengan baju berwarna kombinasi putih dan biru. Mereka akan mulai bekerja Selasa pekan depan.

Kenapa meter air ini harus diganti baru? Bila sudah berumur meter air itu tak sempurna bekerja untuk mengukur penggunaan air bersih di rumah pelanggan. Belum lagi kalau meter air itu ditempatkan di lokasi yang sering terkena air atau tidak di permukaan tanah.

M.Iqbal Sekretaris Direksi PDAM Surya Sembada menambahkan dengan meter air baru seharga Rp150.000 per unit tersebut diharapkan akan memberikan kepuasan pelanggan. Meskipun selama ini tidak banyak pelanggan yang mengeluh terkait kerusakan meter air tersebut.

"Nanti kalau ada pelanggan ingin memindahkan meter air di lokasi baru yang dikehendakinya, bisa menghubungi kantor PDAM. Kalau yang seperti ini tidak gratis lagi. Biayanya tergantung di mana lokasi baru meter air tersebut," kata M.Iqbal.

Pengadaan meter air baru ini menurut M.Iqbal sudah melewati tender pengadaan sesuai prosedur. Termasuk barangnya sudah memenuhi standart SNI yang ditentukan. "Kalau meter air lama yang telah dibongkar nantinya akan disimpan di gudang. Kalau ada pihak yang memerlukan bisa dijual," tambahnya.

Rencananya meterisasi ini akan dilakukan Mei sampai Desember 2017. Wilayah pelanggan yang meter airnya diganti masing masing kawasan Jl. A.Yani, Jemur Gayungan, Jetis Baru, Jetis Kulon, Karangrejo, Ketintang, Pulo Tegalsari, Pulo Wonokromo, Wonokromo, Karah, Kebonsari, Bendul Merisi, Bentul, Gadung, Gembili, Ubi, Tales, Jagir Sidomukti, Jagir Wonokromo,  Sidosermo, Jemursari, Kendangsari, Tenggilis, Perum Delta Sari, Jemursari, Prapen Indah, Rungkut Permai, Rungkut Harapan, Banyu Urip, Simorukun, Pandegiling, Wonorejo, Kedung Klinter, Kedung Turi, Simogunung, Giri Laya, Kembang Kuning, Pakis, Sukomanunggal, Lempungsari, Manukan, Balongsari, Bibis Tama dan sekitarnya.

M.Iqbal mengatakan selama proses penggantian meter air tidak banyak menganggu layanan distribusi air di rumah pelanggan bersangkutan. (SK1)

 
Copyright © 2017. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com