Angkat Direksi Baru PDAM, Walikota Tegaskan Tak Mau Intervensi Proses Seleksi PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Senin, 09 Oktober 2017 13:51

Surabayakita.com - Untuk mengisi jabatan Direktur Pelayanan PDAM Surya Sembada yang ditinggal pensiun pejabat lama, Walikota menunjuk pejabat baru, Ir. Anizar Firmadi. SK pengangkatannya diserahkan Senin (9/10/2017) siang di ruang kerja walikota.

Penyerahan SK tersebut disaksikan Dirut PDAM Surya Sembada dan direksi lainnya serta Sekota Ir. Hendro Gunawan dan para kepala SKPD Pemkot Surabaya.

Pada kesempatan itu walikota perempuan pertama Surabaya itu menyatakan pemilihan direksi PDAM sudah melalui mekanisme sesuai aturan yang berlaku. Tidak ada campur tangan atau intervensi apapun kepada dewan pengawas (Dewas).

"Saya tidak pernah mendikte. Tapi kalau hasilnya jelek akan saya bilang jelek. Demikian juga sebaliknya. Saya tidak pernah ikut campur dalam fit proper test atau ijin apapun di Pemkot.Sebab ini akan saya pertanggung jawabkan tidak hanya di dunia tapi kepada Tuhan," kata walikota.

Meski begitu agar hasil seleksi tetap maksimal, Walikota meminta Kabag Perekonmian Dan Usaha Daerah Khalid untuk memperhatikan track record masing masing peserta tes. Tujuannya agar figur yang dicari dalam seleksi ini sesuai kebutuhan dan bisa mengemban amanah warga.

"Pak direksi tolong jaga amanah warga Surabaya dengan baik. Sebab saat ini masih ada 105. 463 warga yang belum memiliki sambungan air. Untuk Direktur Pelayanan yang baru saya tidak berani memberi ucapan selamat karena terus terang ini tugas berat yang harus dilakukan," katanya.

Anizar Firmadi dalam tugasnya akan menggantikan Drs. Sunarno yang memasuki purna tugas karena usianya sudah 56 tahun. Anizar Firmadi berhasil menyisihkan 10 orang peserta seleksi, enam orang di antaranya berstatus orang dalam PDAM. Sebenarnya ada dua direksi PDAM yang bulan ini pensiun. Selain Sunarno juga ada Direktur Keuangan Lukman Hakim.

Untuk pengganti Lukman Hakim ini, Dewas masih melakukan seleksi. Menurut Sekretaris Dewas PDAM Surya Sembada, Edy Rusianto, sebab kini masih memasuki tahap finishing. "Seminggu lagi Insha Alloh proses seleksi selesai. Sekarang kami tengah merampungkan proses seleksinya," kata Edy Rusianto.

Proses seleksi sendiri menurut Edy Rusianto berjalan sangat ketat. Sebab Dewas ingin mengetahui rekam jejak semua calon langsung dari sumbernya sehingga terpercaya. "Kami mengamati rekam jejak masing masing peserta terkait reputasinya baik di lingkungan kerja sebelumnya sampai di tempat tinggalnya. Agar jangan sampai kita memilih orang yang bermasalah," ujarnya.

Anizar Firmadi sendiri terpilih melalui seleksi ketat. Pria ini lulusan S1 Teknik Kelautan ITS dan S2 IPMI Jakarta. Sebelumnya Arek Suroboyo ini bekerja sebagai manajer di perusahaan air minum asal Perancis. Ia mengaku siap mengemban jabatan barunya. "Pesan pesan bu wali harus dilaksanakan. Saya akan menghadap ke pak Dirut dulu," katanya singkat. (SK1)

 
Copyright © 2017. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com