Bundaran Satelit Akan Jadi Lokasi Car Free Day Terbaru PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Kamis, 09 November 2017 19:11

Surabayakita.com - Jika selama ini lokasi pelaksanaan car free day (CFD) sudah sering digelar di wilayah Surabaya Pusat, Selatan dan Timur, untuk hari Minggu depan (12/11/2017) CFD akan digelar di Surabaya Barat. Di mana titik lokasinya ?


Pemkot Surabaya memilih tempat di Bundaran Satelit-Jalan Raya Kupang Indah sampai dengan persimpangan traffic light Kupang Jaya. Panjang ruasnya sekitar 1,3 kilometer. Seperti biasa pelaksanaan CFD start pukul 06.00 - 08.30 Wib.

“Ini karena sifatnya masih uji coba, pelaksanaannya masih dua bulan sekali. Setelah itu baru kami evaluasi. Ini kami sosialisasi supaya masyarakat tidak kaget,” terang Musdiq Ali Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya,  Kamis (9/11/2017).

Pemilihan lokasi Bundaran Satelit kata Musdiq karena di kawasan itu ada jalur alternatif sehingga tidak menyebabkan kemacetan di jalan sekitar. Panjang dan lebar ruas jalan juga memadahi serta jauh dari pemukiman warga.

Untuk kelancaran kegiatan ini, DLH telah bersinergi dengan sejumlah perangkat daerah seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP, RT/RW. Termasuk juga dengan kepolisian. Jumat (10/11) besok juga akan mengundang pengusaha yang berada di kawasan tersebut. Seperti rumah makan, bengkel atau perkantoran.

“Kami sosialisasikan dan kami ingin mereka juga support. Kegiatan ini kan kami upayakan saling menguntungkan, Seperti di CFD Darmo, mereka bisa manfaatkan CFD ini untuk kegiatan promosi mereka, yang penting kegiatan di persilnya,” terang Musdiq.

Pelaksanaan CFD kali ini tentu akan mengakibatkan kemacetan lalu lintas. Hal ini mengingat lokasi itu sangat padat arus kendaraan tiap harinya. Bagaimana pengaturan pengalihan arusnya?

Untuk pengalihan arus lalu lintas yang akan melintasi/menuju jalan raya Kupang Indah (sisi selatan) (persimpangan jalan raya Kupang Indah-Bundaran Satelit), bila dari arah Barat: Jalan HR Muhammad-Bundaran Satelit-Jl Mayjen Sungkono-Jl raya Dukuh Kupang Barat-Jl Raya Kupang Jaya.

Bila dari arah tol: Bundaran Satelit-Jl Mayjen Sungkono-Jalan Raya Dukuh Kupang Barat-Jl Raya Kupang Jaya. Lalu dari arah timur: Jl Mayjen Sungkono-Bundaran Satelit-Jalan Mayjen Sungkono-Jl Raya Dukuh Kupang Barat-Jl Raya Kupang Jaya. Dan dari arah Selatan: Jl.Abdul Wahab Siamin-Bundaran Satelit-Jl.Mayjen Sungkono-Jl.Raya Dukuh Kupang Barat-Jl.Raya Kupang Jaya.

Sementara untuk pengalihan arus lalu lintas yang akan melintasi/menuju Jalan Raya Kupang Indah (sisi utara) (persimpangan Jl Raya Kupang Jaya-Jalan Raya Kupang Indah), bila dari arah barat: jalan raya kupang jaya-jl.raya Dukuh Kupang Barat-Jl.Mayjen Sungkono, dari arah Barat: Jl.raya Kupang Jaya-Jl.Raya Dukuh Kupang Barat-Jl Mayjen Sungkono-Bundaran Satelit-Jl HR Muhammad, dari arah barat: Jalan Raya Kupang Jaya-Jl raya Dukuh Kupang Barat-Jl Mayjen Sungkono-Bundaran Satelit-Jl akses tol. Dan dari arah timur: Jl.Dukuh Kupang Utara-Jl.Raya Dukuh Kupang Barat-Jalan Mayjen Sungkono.

Selama ini, Pemkot Surabaya telah menggelar “hari bebas kendaraan bermotor” di beberapa lokasi. Seperti di Jalan Raya Darmo, Jalan Tunjungan, Kembang Jepun, kawasan Kertajaya, MERR, Jemursari dan juga Jimerto yang dilaksanakan setiap jumat di minggu terakhir. (SK1)

 

 
Copyright © 2017. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com