Pesta Cak Koen, Pestanya Petugas Lapangan Yang Berjasa Ikut Majukan Kota PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Minggu, 12 November 2017 18:19

Surabayakita.com - Halaman Taman Surya Balai Kota dipadati ribuan orang pada Minggu (12/11/2017) pagi. Mereka yang terdiri dari petugas lapangan Pemkot Surabaya ini mendapat apresiasi dari walikota melalui acara 'Pesta Cak Koen 2017'.

 


Para petugas lapangan ini terdiri atas pasukan kuning (kebersihan), satgas pemeliharaan jalan dan saluran air, penjaga makam, petugas Linmas, Satpol PP, pemadam kebakaran, hingga petugas Dinas Sosial di Liponsos. Acara ini memang digelar setiap tahun sebagai penghargaan atas kerja keras mereka.

Kepada ribuan orang petugas lapangan ini lantas diberikan bantuan berupa sembako dan doorprize. Hadiah tersebut hasil sumbangan dari ara donatur yang tidak mengikat. Pesta Cak Koen sendiri berlangsung meriah karena diselingi hiburan elekton.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini dalam sambutannya mengatakan, Pesta Cak Koen yang rutin digelar setiap tahun ini merupakan bentuk apresiasi dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kepada para pekerja lapangan yang selama ini telah bekerja keras untuk Kota Pahlawan .

“Acara ini untuk memberikan penghargaan kepada petugas lapangan. Dan kami tidak ada satu rupiah pun yang keluar dari APBD. Kami dibantu donatur yang memiliki perhatian dan kepedulian kepada petugas lapangan di Surabaya karena sudah bekerja dengan baik. Dan ke depannya harus terus ditingkatkan,” ujar wali kota.

Wali kota juga memotivasi para pekerja lapangan untuk tetap menjaga semangat kerja dengan bekerja secara tulis dan tidak menyerah pada nasib. Dengan semangat kerja itulah, akan menjadi jalan bagi para pekerja lapangan untuk bisa membawa anak-anak mereka menjadi lebih baik.

“Tuhan akan memberikan jalan bagi siapapun yang ingin berhasil. Nggak apa-apa kalau sekarang bapak nya tukang sapu, tapi anak-anaknya harus jadi pintar. Anak-anaknya harus berhasil. Apalagi sekarang sudah ada beasiswa dari Pemkot,” tegas wali kota.

Wali kota juga berpesan kepada petugas lapangan di Surabaya agar dalam bekerja tetap menjaga kerukunan antar pekerja. Sebab, dengan rukun, kekuatan akan terbangun. “Kerjo sing rukun, ojo tukaran aeh karena sama-sama nyari makan,” ujarnya.

Pesta Cak Koen 2017 disambut antusias oleh petugas lapangan di Kota Surabaya. Salah satunya Zaenal. Petugas Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau yang sehari-hari mengambil sampah di kawasan Jalan Kedondong ini mengaku menunggu acara Pesta Cak Koen.

Menurutnya, acara tahunan tersebut tidak hanya memberikan apresiasi kepada petugas lapangan. “Acaranya dikemas gembira, lucu dan juga dapat sembako dan hadiah,” ujar bapak dua anak ini.

Pesta Cak Koen ini sendiri dulunya hanya digelar untuk memberi penghargaan kepada anggota pasukan kuning, sehingga namanya disebut Cak Koen yang berarti kuning karena berhasil menjaga kebersihan kota sehingga meraih Piala Adipura. Namun sekarang ini sudah berkembang karena semua petugas lapangan ikut berjasa dalam memajukan kota meski namanya tetap Pesta Cak Koen. (SK1)

 
Copyright © 2017. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com