Kolinlamil Gelar Latihan Pendaratan Singkawang Kalbar PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Senin, 04 Desember 2017 21:09

Surabayakita.com - Operasi pendaratan unsur - unsur Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) di Singkawang, Kalimantan Barat berjalan dengan sukses dan zero accident. Berbagai unsur yang melaksanakan latihan operasi pendaratan tersebut berhasil melaksanakan tugasnya.


Hal tersebut disampaikan dalam kaji ulang dan evaluasi Latihan Operasi Pendaratan Administrasi (Latopsratmin) 2017 yang berlangsung di Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Senin (4/12/2017).

Panglima Kolinlamil Laksma TNI Yudo Margono, S.E. memimpin langsung Latihan terpadu atau L-3 yang merupakan latihan terbesar Operasi Pendaratan administrasi yang melibatkan 1482 personil baik unsur Kolinlamil, Koarmabar, Pushidrosal, Puspenerbal dan Marinir.

Berbagai unsur KRI, pesawat udara dan pasukan pendarat marinir terlibat dalam operasi penyerbuan terhadap sasaran musuh di Singkawang, Kota yang berbatasan langsung dengan Laut Natuna .

Meskipun dengan persiapan yang singkat namun pelaksanaan latihan dengan tema “Kolinlamil melaksanakan latihan operasi pendaratan administrasi di Pantai Kura-kura Singkawang Kalimantan Barat dalam rangka meningkatkan kesiagaan operasional” berjalan dengan sukses sesuai dengan skenario latihan yang telah direncanakan.

Disela-sela kegiatan evaluasi, Pangkolinlamil Laksma TNI Yudo Margono, S.E. menyampaikan apresiasinya terhadap para peserta latihan yang telah melaksanakan latihan terpadu L-3 tersebut dengan penuh semangat dan aman (Zero Accident).

“Latihan operasi pendaratan administrasi telah terlaksana dengan bagus sesuai rencana, hal-hal yang belum optimal menjadi evaluasi untuk latihan kedepan dan tetap semangat dengan alutsista yang kita miliki,” tutur Pangkolinlamil.

Pangkolinlamil juga menegaskan kepada unsur-unsur KRI untuk melaksanakan latihan penembakan saat melaksanakan lintas laut, terutama ketika melewati daerah yang merupakan area latihan bagi KRI.

“KRI harus banyak berlatih menembak, gunakan meriam dan peluru yang ada untuk berlatih, apalagi saat lewat pulau gundul, laksanakan tembakan meriam sebagai sarana latihan” tandas Pangkolinlamil.   

Sementara itu Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh, S.E., M.M. yang hadir juga dalam kaji ulang dan evaluasi latihan sekaligus menutup latihan yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas prajurit Kolinlamil khususnya.

Sedangkan dalam evaluasi dan kaji ulang latihan disampaikan oleh tim evaluasi Kolonel Laut (P) Aries Cahyono, S.E.,  tim pengawas dan pengendali latihan (Wasdal) Letkol Laut (P) Martinus Hary Wibowo, dan tim penilai dari Kolatarmabar.

Asisten Operasi (Asops) Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Andi Abdul Azis sebagai perwira penyelenggara latihan (Papelat) melaporkan seluruh rangkaian pelaksanaan kegiatan Latihan Operasi Pendaratan (Latopsratmin) 2017 berjalan dengan aman dan lancar, beberapa kendala yang dihadapi hasil evaluasi dan saran masukan dari tim penilai akan menjadi perbaikan pada latihan yang akan datang.   

Latopsratmin tahun 2017 ini dibagi menjadi empat tahap, mulai dari tahap perencanaan, persiapan, dan tahap pelaksanaan, serta tahap pengakhiran. Lokasi latihan dimulai dari Pangkalan Tanjung Priok - Laut Jawa - Selat Galasa - Laut Natuna - Pantai kura-kura Singkawang - Laut Natuna - Selat Galasa - Laut Jawa – Jakarta.(SK2)

Keterangan foto : Panglima Kolinlamil Laksma TNI Yudo Margono, S.E. menyampaikan arahan kepada peserta yang terlibat latihan operasi pendaratan administrasi tahun 2017 dalam Kaji Ulang dan evaluasi.

 
Copyright © 2017. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com