UPN Veteran Jatim Dukung Pelayaran Kebangsaan Bela Negara PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Selasa, 19 Desember 2017 15:20

Surabayakita.com - Banyak cara dilakukan untuk meningkatkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Salah satunya dengan melakukan Pelayaran Kebangsaan Bela Negara untuk menumbuhkan kesadaran akan potensi maritim Indonesia.

Hal ini pula yang dilakukan oleh Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jatim. Kampus yang berlokasi di Surabaya Timur bagian Selatan ini mendukung acara tersebut dengan mengirimkan mahasiswa mahasiswi untuk mengikuti pelayaran menggunakan kapal perang KRI Banjarmasin.

Acara digelar dengan rute pelayaran dari Dermaga Ujung, Komando Armada RI Kawasan Timur (Surabaya) menuju Kolinlamil, Komando Armada RI Kawasan Barat (DKI Jakarta). Kegiatan Pelayaran dimulai tanggal 18 – 23 Desember 2017. Dalam kegiatan ini Rektor UPN Veteran Jatim Prof.Dr.Ir. Teguh Soedarto, MP sebagai ketua panitia.

Pembukaan acara Pelayaran Kebangsaan dilakukan pada Rabu (20/12/2017) pagi di KOLAT  ARMATIM Ujung Surabaya. Ada sekitar  700 Mahasiswa yang menjadi perwakilan PTN se Indonesia yang akan hadir.

Rudijanto,SE.MM selaku Kasubag Humas dan Kerjasama UPN Jatim mengatakan dalam Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 45 dalam menjamin kelangsungan hidup Bangsa dan Negara Indonesia. Bela Negara merupakan tugas dan tanggung jawab setiap rakyat Indonesia sebagai warga negara dan juga sebagai anak bangsa.

"Berdasarkan output dan outcome Bela Negara, yaitu menghasilkan kader bela negara bagi rakyat Indonesia. Salah satu bagian dari rakyat Indonesia adalah Mahasiswa, untuk itu Perguruan Tinggi harus dapat berperan secara aktif dalam mewujudkan pengembangan karakter Bela Negara di kalangan mahasiswa seluruh Indonesia," ujarnya Rudi dalam pers releasenya.

Pelayaran Kebangsaan Bela Negara Mahasiswa Dan Simposium Internasional Kemaritiman Dalam Rangka Mendukung Program Nawacita ini, merupakan forum strategis dalam mempertemukan banyak pihak, terutama sebagai media diskusi, dalam meningkatkan Kesadaran Bela Negara bagi mahasiswa, membentuk karakter cinta maritim, membangun kesatuan dan persatuan mahasiswa secara profesional dan meningkatkan wawasan global kemaritiman.

"Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari deklarasi 36 Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri Baru (PTNB) sebagai kampus bela negara pada tanggal 20 Oktober 2016 di kampus Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Surabaya," tambah Rudi.

Tujuan dilaksanakan pembangunan karakter bangsa melalui media Pelayaran Kebangsaan Bela Negara yang diperuntukkan bagi mahasiswa-mahasiswi perwakilan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia adalah untuk mewujudkan kerja sama antar Perguruan Tinggi dan lintas Kementerian dan secara spesifik memiliki tujuan sebagai berikut:
Meningkatkan Kesadaran Bela Negara bagi mahasiswa,Membentuk karakter cinta maritim,Membangun kesatuan dan persatuan mahasiswa secara profesional dan Meningkatkan wawasan global kemaritiman.

Media pendidikan karakter melalui Pelayaran Kebangsaan Bela Negara secara implementatif sangat selaras dengan konsep  integralistik dan sinergitas 5 nilai-nilai karakter yang harus dibangun dalam peningkatan karakter berbangsa dan bernegara yaitu: nilai karakter keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa, nilai karakter menghormati kepada sesama, nilai karakter peduli terhadap lingkungan, nilai karakter menjunjung tinggi rasa kebangsaan dan nilai karakter terhadap peningkatan kemampuan dan kepedulian diri sendiri terhadap bangsa dan negara. (SK2)

 

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com