Penertiban 176 Rumah Warga Keputran Diwarnai Aksi Dorong PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Kamis, 01 Februari 2018 15:55

Surabayakita.com - Penertiban bangunan di bantaran sungai Kalimas tepatnya di Keputran mendapat tentangan ratusan warga setempat. Warga tak mau rumah mereka ditertiban Satpol PP.

Karena menolak keras adanya penertiban ini, warga menolak petugas penertiban masuk ke arah penertiban. Maka aksi saling dorong antara warga dengan petugas Satpol PP Kota Surabaya tak bisa dielakkan, Kamis (1/2/2018).

Satpol PP dibantu petugas dari Kepolisian dan TNI akhirnya bisa memasuki area yang akan ditertibkan setelah melakukan dialog dengan warga. Penertiban dilakukan setelah barikade dari kayu dibuka petugas.

Dari penertiban ini, Satpol PP berhasil membongkar bangunan milik warga sebanyak 176 yang terdiri atas bangunan semi permanen dan permanen. Bangunan ini diketahui dibangun warga yang berdiri di bantaran sungai.

Sesuai aturan yang di Pemkot Surabaya dilarang ada bangunan di atas bantaran sungai. Karenanya penertiban dilakukan dengan melakukan kooridnasi antara Pemkot Surabaya dengan jajaran samping.

Apalagi bangunan itu dibangun di atas persil yang bukan milik warga. Karena bukan lahannya sendiri maka sudah jelas bangunan tersebut tak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Penertiban ini karena bangunan itu tak ada IMB nya karena karena menggunakan lahan milik pemerintah. Nanti kalau ada pengerukan sungai jelas akan kesulitan alat alat berat melewati wilayah itu," ungkap Kepala Satpol PP kota Surabaya, Irvan Widyanto.

Menurut Kasatpol PP, pihaknya sudah melakukan teguran kepada warga untuk membongkar sendiri. Namun sosialisasi agar lahan itu dikosongkan ternyata tidak mendapat tanggapan warga. Akhirnya Satpol PP melakukan tindakan tegas.

“Sudah cukup lama warga tinggal di situ, sejak 2005 silam. Makanya ada beberapa bangunan warga yang sudah dibangun permanen. Sudah kami sosialisasikan sebelumnya," katanya.(SK1)

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com