Dubes Kroasia Ingin Kembangkan Investasi Bidang Maritim Di Surabaya PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Selasa, 06 Februari 2018 17:01

Surabayakita.com – Untuk yang kedua kalinya, Duta Besar Kroasia untuk Indonesia Drazen Margeta mendatangi Gedung DPRD Surabaya. Kedatangan Drazen Margeta ini untuk makin mengenali Surabaya dan mengembangkan kerjasama kota kembar (sister city).

Kedatangan Drazen Margeta diterima langsung Armuji (ketua DPRD), Aden Darmawan (wakil ketua DPRD), Ratih Retnowati (wakil ketua DPRD) dan Herlina (ketua komisi A DPRD). Mereka melakukan pertemuan di ruang kerja ketua DPRD Surabaya.

Pada kunjungan kedua ini, Drazen mengaku akan meningkatkan kerjasama antara Kroasia dan Surabaya. Tujuannya untuk menambah pertumbuhan ekonomi yang baik bagi Surabaya maupun Kroasia.

“Hubungan antara Kroasia dan Indonesia khususnya Surabaya sudah terjalin lama. Kerjasama tersebut bisa dipererat dengan komunikasi lanjutan antar kedua kawasan,” ujar Drazen.

Dia mengungkapkan, kerjasama di sejumlah bidang bisa diterapkan antara Kroasia dan Surabaya. Sebagai negara maritim, Kroasia memiliki industri perkapalan yang maju. Surabaya yang juga memiliki kawasan pantai dan pelabuhan bisa menjajaki kerjasama untuk meningkatkan perekonomian di bidang maritim.

Menurutnya, selain bidang kemaritiman kerjasama bidang industri lainnya juga bisa dilakukan. Pengusaha yang menjadi anggota Kamar Dagang dan Industri (Kadin) di Surabaya juga bisa menjalin komunikasi untuk bertukar informasi pengembangan industri. “Bisnis pergudangan juga baik. Kita juga memiliki jaringan masuk ke Eropa,” ujarnya.

Sedangkan ketua DPRD Surabaya Armuji menyambut baik kedatangan Drazen yang didampingi oleh beberapa orang dari Universitas Narotama Surabaya. "Kami menyambut baik kedatangan Dubes Kroasia ini dalam rangka pengembangan kerjasama di berbagai bidang terutama masalah bisnis. Banyak yang perlu kita pelajari dari Kroasia, termasuk penataan PKL nya yang rapi dan tertib. Ketertiban itu perlu diadopsi di sini. Di sana itu PKL buka jam 6 sampai 8 pagi tendanya bagus bagus," ujarnya Armuji, Selasa (6/2/2018).

Armuji bersama anggota DPRD Surabaya lainnya memang sebelumnya telah berkunjung ke Kroasia. Kepada Drazen ia mengatakan suatu saat kalau ada agenda kunjungan DPRD Surabaya ke Kroasia Armuji minta dipertemukan dengan anggota parlemen di negara pecahan Yugoslavia itu.

Ketua DPRD Surabaya Armuji mengatakan, hubungan kerjasama antara Kroasia dan Surabaya akan dijalin melalui hubungan Sister City. Nantinya masing-masing kawasan akan melihat potensi yang bisa digali untuk keuntungan di masing-masing daerah. “Pemanfaatannya untuk Surabaya kan juga harus jelas untuk apa nantinya,” katanya.

Nantinya menurut politisi PDI Perjuangan ini, ada banyak bidang yang bisa dikerjasamakan. Termasuk pertukaran pelajar Surabaya dan Kroasia. Dengan pertukaran ini para pelajar bisa saling belajar terkait seni dan budaya masing masing kota atau negara.

Armuji juga terkesan dengan potensi di bidang olahraga dari Kroasia. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya olahragawan terkenal asal Kroasia baik di bidang sepakbola, tenis lapangan maupun basket.

"Bidang IT juga penting untuk dikerjakan. Seperti bagaimana menangkal berita hoax. Nanti akan ditindaklanjuti oleh Pemkot Surabaya," ujar Armuji. (SK1)

 

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com