KRI Teluk Lampung Angkut Marinis Ke Pulau Terluar Talaud PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Rabu, 07 Februari 2018 20:54

Surabayakita.com - KRI Teluk Lampung 540 melaksanakan operasi pergeseran pasukan dan material ke Miangas, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Rabu (7/2/2018). Operasi angkutan laut militer ini dalam rangka mendukung latihan pemantapan Batalyon Taifib Marinir Pasmar 1 Surabaya.

Kapal perang jenis Frosch ini mengangkut 143 prajurit Taifib Marinir dengan material perahu karet, sea rider, Motor tempel, platform RDO dan BBM.

Latihan diawali dari embarkasi material dan personel di dermaga Halong Koarmatim, Surabaya dilanjutkan lintas laut menuju daerah latihan pendahuluan di Perairan Melonguane, Sulawesi Utara.

Komandan KRI Teluk Lampung Mayor Laut (P) Sobarudin menjelaskan selama lintas laut berjalan dengan baik selama lintas laut keadaan cuaca cenderung berawan, anginnya cukup kencang dan gelombang laut cukup tinggi antara 1,5 hingga. 2,5 meter.

"Beberapa latihan yang dilaksanakan selama lintas laut yaitu Prosedur Mine Field Transit, Latihan Peran Tempur Bahaya Udara dan Latihan PEK. Tiba di daerah latihan pendahuluan, cuaca di Melonguane buruk, namun demikian latihan pendahuluan terjun tempur dan Rubber Deck berjalan dengan aman dan lancar," katanya.

Secara terpisah, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Yudo Margono, S.E. melalui Asops Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Bambang Irawan menyampaikan bahwa keterlibatan KRI dalam Latratsus memilliki kontribusi penting sehingga konsep latihan dan prosedur harus dipahami.

Mulai dari diam radio, pembatasan pancaran radar dan kendali operasi KRI, sehingga harus diadakan koordinasi yang baik fungsi KRI dalam ratsus dengan Marinir.

KRI Teluk Lampung 540 adalah Kapal Perang jenis Landing Ship Tank (LST) Type Frosch, yang bertugas sebagai armada pendarat bagi pasukan Marinir TNI AL dan juga sebagai kapal pengangkut personel, logistik dan materiil ke pulau-pulau perbatasan dan daerah-daerah rawan di wilayah Indonesia.

KRI ini dibuat di galangan VEB Penee Werft Wolgast, Jerman Timur, pada tahun 1979 dan saat ini merupakan salah satu unsur Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) yang berada di jajaran Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya.

Operasi pergeseran pasukan dan material merupakan salah satu tugas dan fungsi Kolinlamil sebagai pembina kemampuan sistem Angkutan Laut Militer, dengan menyelenggarakan pergeseran pasukan TNI dan Polri yang meliputi personel, peralatan dan perbekalan, baik yang bersifat administratif maupun taktis strategis.(SK2)

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com