Atribut Dua Pasangan Cagub Ditertibkan Panwas PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Rabu, 21 Februari 2018 13:10

Surabayakita.com - Banyaknya baliho yang dipasang sembarangan oleh dua kubu pasangan cagub cawagub Jatim 2018, disikapi tegas oleh  Panitia Pengawas Pemilu(Panwaslu) hingga di tingkat kecamatan. Mereka mencopoti baliho pemenangan itu, Rabu (21/2/2018) pagi.

Salah satunya dilakukan Panwaslu kecamatan Sawahan. Petugas panwas terpaksa melakukan penertiban karena atribut kampanye itu dinilai tidak sesuai dengan aturan dari Komisi Pemilihan Umum(KPU).

Sesuai dengan lokasi wilayah Panwaslu Sawahan, operasi penertiban dilakukan di seputaran Jl. Mayjen Sungkono sampai Jl. Diponegoro. Di sepanjang jalan tersebut banyak dijumpai atribut dua pasangan cagub cawagub Jatim.

“Dibantu petugas Satpol PP, kita bongkar baliho dan disita. Ini khusus yang terpasang liar di jalan raya,” ungkap Teguh Catur, Divisi Hukum dan Penindakan Panwascam Sawahan Surabaya.

Menurut Teguh, dalam aturan KPU, baliho kampanye masing-masing Paslon, materinya harus seperti desain yang disetorkan ke KPU dan Panwaslu. Kalau di luar itu maka jelas menyalahi aturan yang berlaku.

Penentuan materi desain atribut kampanye, sebelumnya telah disepakati bersama dalam rapat pleno yang diselenggarakan KPU, Panwaslu, dan tim pemenangan masing-masing Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim.

“Tapi kenyataannya,  masih banyak yang menyalahi aturan yang telah disepakati bersama itu,” imbuhnya.

Dalam penertiban tersebut, petugas gabungan membongkar dan menyita 4 baliho kampanye ukuran 2 x 4 meter milik kedua Paslon, Khofifah – Emil dan Gus Ipul – Mbak Puti.

“Baliho ini akan diserahkan ke Panwaslu kota untuk dijadikan bukti laporan pelanggaran alat peraga kampanye,” pungkasnya.(SK1)

 

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com