M.Taswin plt Kepala Bapeko, Kasatpol PP Rangkap plt Kepala Disparta PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Jumat, 06 April 2018 20:52

Surabayakita.com - Pelantikan pejabat di Pemkot Surabaya, Jumat (6/4/2018) masih menyisahkan slot kosong untuk jabatan Kepala Bapeko. Hal ini setelah Agus Imam Sonhaji dimutasi menjadi Kepala Dinas Infokom.

Mengingat begitu strategisnya jabatan yang ditinggal Agus Imam Sonhaji ini, maka untuk sementara waktu guna menghandle tugas tugas di Bapeko, walikota telah menunjuk pelaksana tugas harian (plt). Tugas plt ini diberikan kepada M Taswin yang juga Assisten II Sekota Surabaya.

Dengan masih kosongnya jabatan Kepala Bapeko ini maka bisa dipastikan tidak lama lagi mutasi berikutnya akan digulirkan. Sebab SKPD yang bertanggung jawab terkait perencanaan kota ini dibutuhkan figur yang memiliki kemampuan sesuai kompetensi yang dibutuhkan.

"Kalau soal mutasi kan memang rutin dilakukan oleh Pemkot Surabaya. Karena ini untuk penyegaran tugas tidak perlu menunggu masa jabatan lima tahun. Untuk tugas Kepala Bapeko sementara ini masih dihandle oleh pak Taswin selaku plt. Tugasnya sudah efektif sejak mutasi hari ini," ujar Mia Santi Dewi Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Pemkot Surabaya kepada Surabayakita.com.

Hanya saja sampai kapan tugas plt itu diberikan kepada M.Taswin, Mia tak bisa memastikannya."Kalau saya siap saja tugas yang diberikan bu wali akan saya laksanakan sebaik baiknya. Sampai kapan juga saya belum tahu, tidak ada masalah meski rangkap dengan Asisten II," kata M.Taswin yang juga pejabat senior di Pemkot Surabaya ketika dikonfirmasi via ponselnya.

M.Taswin ini memang sudah beberapa kali ditunjuk sebagai plt di Pemkot Surabaya. Masing masing plt Kepala Dinas Koperasi, plt Kepada Dinas Pendidikan dan sekarang plt Kepala Bapeko."Saya memang spesialis plt mas," ujar Taswin sambil bergurau.

Di lingkungan Pemkot Surabaya jabatan Kepala Bapeko biasanya rutin diemban figur yang memiliki back ground pendidikan teknis dengan gelar insinyur. Sebut saja sebelum  Agus Imam Sonhaji, yang pernah menjabat Kepala Bapeko di antaranya Hendro Gunawan (Sekota), Tri Rismaharini (walikota), Tri Siswanto (pensiun), Alm Alisjahbana dan Tondojekti (pensiun).

Sementara selain jabatan Kepala Bapeko yang kosong, ada satu lagi jabatan yang kini masih lowong, yakni Kepala Disparta. Sebab Widodo Suryantoro kini sudah dimutasi dari Kepala Disparta menjadi Kepala Dinas Koperasi. Sebagai gantinya, walikota telah menunjuk Irvan Widyanto Kasatpol PP menjadi plt nya.

Seperti yang sudah dilakukan Pemkot Surabaya hari ini,  sebanyak 81 pejabat mengalami rotasi jabatan. Rinciannya berdasarkan eselon II B sebanyak 9 orang setara dengan Kepala Dinas. Sedangkan 72 lainnya terdiri dari Kepala Bagian, Kepala Sub Bagian, Kepala Seksi, camat, sekretaris kecamatan, lurah, dan sekretaris kelurahan.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal. Yang pertama, rotasi pejabat ini dilakukan di lingkungan Pemkot Surabaya dalam rangka kebutuhan organisasi yang harus diperbaharui. Sebab menurutnya, semakin lama permasalahan kota ini semakin tinggi  dan  berat.

“Banyak sekali perhatian dunia kepada Kota Surabaya. Karena itu, kita memang harus bekerja keras. Saya tahu ini tidak mudah, tapi itulah yang terjadi di Kota Surabaya,” kata wali kota Risma, dihadapan puluhan pejabat yang baru saja dilantik.

Pada mutasi ini selain Agus Imam Sonhaji dan Widodo Suryantoro, yang dipindahtugaskan adalah Eddy Christijanto menjadi Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pelindungan Masyarakat, Wiwiek Widayati Kepala Dinas Perdagangan, Arini Pakistyaningsih Staf Ahli ,Musdiq Ali Suhudi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Eko Agus Supiadi Sapoetro Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Nanis Chairani Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Ruben Rico Kepala Bagian Administrasi Pembangunan serta Antiek Sugiharti Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (SK1)

 

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com