Mazlan Mansur : Plh Direksi PD Pasar Cuma Sementara, Kami Kejar Rekrutmen Definitif PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Selasa, 17 April 2018 22:18

Surabayakita.com - Komisi B (Perekonomian) DPRD Surabaya melihat ada masalah yang lebih urgen untuk segera ditangani saat ini, yakni perekrutan direksi PD Pasar Surya definitif. Karenanya Pemkot Surabaya dan Dewan Pengawas diminta untuk sesegera mungkin melakukan tahapan perekrutan.

Hal ini disampaikan Mazlan Mansur selaku Ketua Komisi B DPRD Surabaya, Selasa (17/4/2018). Banyak persoalan yang kini dihadapi PD Pasar Surya. Tidak hanya soal financial tetapi juga masalah hukum yang melibatkan mantan direksinya.

"Soal penunjukan Plh direksi baru itu merupakan hak prerogatif walikota. Itu sifatnya sementara saja sampai ada direktur difinitif. Makanya kami kejar agar tahap perekrutan direksi PD Pasar Surya itu segera dilakukan," ujar Mazlan Mansur kepada Surabayakita.com melalui sambungan telepon.

Agar segera dimulai proses perekrutannya, Mazlan mengaku sudah melakukan koordinasi dengan Asisten II Sekota dan Bagian Perekonomian. Karena dua SKPD ini bersama Dewan Pengawas yang nantinya menghandle proses perekrutan direksi PD Pasar Surya.

Untuk tahap awal menurut politisi PKB ini harus segera dibentuk panitia seleksi (pansel). Untuk selanjutnya tidak ada masalah, apalagi anggaran perekrutan sudah ada sebesar Rp 500 juta pada APBD 2018 ini.

"Kami mendesak agar pansel segera dibentuk dan bekerja. Kami fokus mengejar agar proses rekruitmen direksi PD Pasar segera dimulai. Tak bisa menunggu lama lama," kata Mazlan.

Mazlan Mansur juga mengatakan Dewan Pengawas mestinya harus bisa melaksanakan keinginan Pemkot untuk segera melaksanakan seleksi. Kalau tidak bisa melaksanakan dengan berbagai sebab Mazlan minta Dewan Pengawas mundur saja dari tugasnya.

Kekosongan tiga orang direksi PD Pasar termasuk dirut sebagai figur utama PD Pasar jelas sangat berpengaruh pada kinerja BUMD milik Pemkot Surabaya itu. Bagaimana tidak, tanpa adanya direksi definitif tugas tugas perusahaan yang vital dan strategis akan terkendala.

"Kalau menurut saya, lebih cepat rekruitmen itu dilakukan akan lebih baik untuk menemukan figur direksi yang ideal. Sebab kekosongan direksi definitif itu sudah berlangsung sejak Februari lalu dan ini tak bisa dibiarkan," ujar Mazlan.

Tugas dirut PD Pasar yang baru nanti cukup berat. Di antaranya harus mampu menyelesaikan persoalan yang kini lagi menimpa PD Pasar. Mampu merevitalisasi pasar, bisa mengelola aset aset pasar sehingga bisa menopang finansial PD Pasar serta membuat kenyamanan pedagang sehingga mereka survive.

Ditambahkan Edy Rahmat Sekretaris Komisi B, agar perekrutan direksi PD Pasar yang baru nanti bisa memenuhi keinginan walikota sebagai pemilik BUMD itu, pansel harusnya belajar dari penagalaman.

"Karena sudah dua kali tes tapi gagal, karena kurang memenuhi srayat dari beberapa aspek. Makanya itu harus menjadi acuan. Sebab memimpin PD Pasar Surya dengan segala persoalannya benar benar dibutuhkan figur yang kapabel," ujarnya politisi Partai Hanura ini. (SK1)

 

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com