PKB Surabaya Baru Kantongi 13 Pendaftar Caleg, LPP Desak Penunjukan Ketua Baru PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Senin, 23 April 2018 11:55

Surabayakita.com - Pendaftaran calon legislatif (caleg) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Surabaya sampai saat ini masih minim peserta. Sejak dua minggu lalu ternyata baru 13 orang yang mendaftar caleg di parpol berlambang bola dunia dengan bintang sembilan itu.

Kenapa masih minim peserta ? Menurut Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) PKB Surabaya Satuham Akbar, Senin (23/4/2018), karena saat ini masih belum terbentuk pengurus baru DPC PKB Surabaya.

"Sampai saat ini belum ada kepengurusan baru DPC PKB Surabaya. Karena Muscab partai tak bisa dilakukan. Sebab SK PAC PAC PKB sudah mati sehingga tak bisa melalukan pemilihan pengurus DPC PKB," ujar Satuham saat berkunjung ke Fraksi PKB DPRD Surabaya.

Menurut Satuham, ke 13 orang yang sudah mendaftar sebagai caleg PKB ini tidak ada satupun yang berasal dari kader PKB yang saat ini duduk di kursi DPRD Surabaya. Sebagian besar mereka adalah pengurus lama DPC PKB Surabaya.

Sesuai dengan juklak dari KPU Surabaya, pendaftaran caleg ini sendiri dibatasi sampai 30 Mei 2018. Harus didaftarkan 50 nama caleg dengan komposisi caleg perempuan sebanyak 30 persennya.

"Saya sebagai ketua LPP PKB Surabaya tetap berusaha untuk memenuhi kuota yang ditetapkan KPU Surabaya. Yakni mendesak agar DPW atau DPP segera melakukan penunjukan ketua atau pengurus baru DPC PKB Surabaya," ujar Satuham.

Penunjukan ketua baru ini menurut Satuham harus dilakukan sebagai satu satunya cara untuk membentuk pengurus baru PKB Surabaya. Sebab cara normal dengan melakukan Muscab tidak bisa dilakukan pada saat ini. Karenanya, penunjukan ketua baru itu sekarang ada di tangan DPW atau DPP PKB.

"Penunjukan itu dilakukan lebih cepat lebih baik karena kondisinya memang mendesak saat ini. Selain pencalegan, kehadiran pengurus baru PKB ini juga untuk melakukan koordinasi terkait pilgub Jatim yang sudah di ambang pintu," ujarnya.

Terkait siapa figur yang pantas duduk sebagai ketua DPC PKB Surabaya, Satuham mengatakan syarat untuk mempimpin PKB Surabaya haruslah dari kader baik orang lama maupun orang baru.

Berikutnya yang juga penting kader itu juga memiliki background pengusaha. Hal ini diperlukan agar nantinya bisa menjalankan roda organisasi dengan baik."Figur yang seperti itu sekarang sudah ada," ujar Satuham yang juga mengapresiasi beberapa figur kandidat yang kini duduk sebagai wakil rakyat di DPRD Surabaya termasuk Masduki Toha. (SK1)

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com