BEKRAF Kembali Hadirkan IKKON di 5 Kabupaten / Kota PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Senin, 30 April 2018 23:34

Surabayakita.com - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mencetuskan program Inovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara yang selanjutnya disebut IKKON. Melalui program ini Bekraf ingin memanfaatkan potensi budaya Indonesia untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Triawan Munaf - Kepala Badan Ekonomi Kreatif menjelaskan mengatakan saat ini Indonesia memiliki potensi produk-produk kerajinan. "Namun tantangannya adalah produk tersebut masih bersifat tradisional, tidak dapat memenuhi kebutuhan gaya hidup modern, belum berkembang,  tidak mengalami diversifikasi produk," ujarnya.

Oleh karena itu, Bekraf mencetuskan IKKON yaitu program berkelanjutan yang mengedepankan konsep kolaborasi antara pelaku ekonomi kreatif profesional, perajin lokal, dan segenap stakeholders lokal.

Program ini telah dijalankan pada tahun 2016 dan 2017 yang telah menyentuh 51 Desa Binaan dari 10 Kabupaten/Kota di Indonesia. Tahun 2018 ini, Bekraf kembali memilih 5 (lima) Kabupaten/Kota yang akan mengikuti pengembangan potensi ekonomi kreatif lokal.

Ada pun 5 (lima) Kabupaten/Kota tersebut adalah Kabupaten Siak, Riau; Kabupaten Belitung, Bangka Belitung; Kota Singkawang, Kalimantan Barat; Kabupaten Dompu, NTB; dan Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Abdur Rohim Boy Berawi - Deputi Riset, Edukasi, dan Pengembangan Bekraf menjelaskan bahwa pengembangan potensi ekonomi kreatif tidak hanya berbasis urban, digital, dan akademis tetapi juga komunitas. "Peserta program IKKON dan masyarakat lokal dapat saling berbagi, berinteraksi, bereksplorasi dan berkolaborasi. Bagi daerah terpilih kami telah merancang program pengembangan yang terdiri dari 4 bagian penting yaitu mapping, design process, prototyping, dan pameran inspirasi lokal. Tidak hanya itu, Bekraf juga memfasilitas pengembangan dalam bidang pemasaran dan promosi," katanya.

Dalam pelaksanaan program IKKON 2018, Bekraf dan tim profesional yang terdiri dari mentor, desainer (produk, interior, fashion, tekstil, komunikasi visual), arsitek, koreografer tari, fotografer, videografer, antropolog, dan business developer akan dikirim ke berbagai titik desa binaan dari 5 Kabupaten/Kota terpilih. (SK2)

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com