Tahun ini Festival Rujak Uleg Dipastikan Lebih Semarak PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Jumat, 11 Mei 2018 22:56

Surabayakita.com - Festival Rujak Uleg kembali digelar untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke 725. Festival yang bikin heboh karena dilakukan secara massal ini digelar Minggu (13/5/2018) mulai pukul 14.00 wib.


Tahun lalu acara yang digelar di sepanjang Jl. Kembang Jepun Surabaya itu berhasil menyedot animo banyak penonton. Tidak mau kalah dengan tahun 2017, pelaksanaan Festival Rujak Uleg 2018 juga dibikin tak kalah serunya.

"Ada 1.500 orang dengan 275 grup yang menyatakan akan tampil di acara ini. Mereka berasal dari instansi pemerintahan, swasta, BUMN, BUMD, kalangan perguruan tinggi, perwakilan negara sahabat dan lainnya," ujar Irvan Widyatno Plt Kepala Disbudpar Kota Surabaya, Jumat (11/5/2018).

Apa yang beda Festival Rujak Uleg tahun ini dengan tahun kemarin ? Menurut Irvan yang juga Kasatpol PP ini, kemeriaan acara akan lebih terasa. Sebab panitia acara telah menambahkan beberapa agenda agar Festival Rujek Uleg 2018 semakin gayeng.

"Cobek untuk ngulek bumbu rujak akan kami perbesar. Tahun lalu diameternya hanya 1,5 meter. Tahun ini cobeknya lebih besar diameternya 2,5 meter. Ini untuk meudahkan peserta agar bisa mengulek bumbu rujak lebih nyaman," kata pejabat yang baru pulang umroh ini.

Selain ukuran cobek yang diperbesar, dalam ivent pariwisata tahunan ini juga akan ada tarian khusus rujak uleg dan barongsai. Walikota bersama dengan Muspida akan ikut nguleg rujak bersama.

Sementara untuk total hadiah, panitia telah menyiapkan total hadiah sebesar Rp 97,5 juta. Sebanyak 60 grup penampil terbaik (non rangking) masing-masing akan mendapatkan uang sebesar RP 1,5 juta.

“Kemudian juga, kita pilih lima penampil terbaik untuk kostumnya, itu juga masing-masing akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 1,5 juta,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya Subagio Utomo menyampaikan bahwa pihaknya bersama dengan Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya akan menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk memperlancar jalannya acara.

“Untuk pemasangan alat peraga akan dimulai pada Sabtu sore, sekitar pukul 17.00 WIB, atau setelah toko-toko di sekitar area Kembang Jepun tutup,” terangnya.(SK1)

Foto : Dokumen Festival Rujak Uleg tahun lalu.

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com