Pileg 2019, Partai Gerindra Surabaya Targetkan 450 Ribu Suara PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Sabtu, 12 Mei 2018 20:53

Surabayakita.com - Sebanyak 55 orang bakal calon legislatif (bacaleg) DPC Partai Gerindra Surabaya mengikuti pembekalan oleh pengurus partai dan KPU Surabaya, Sabtu (12/5/2018). Pembekalan ini terkait dengan persiapan jelang pileg 2019 mendatang.

Hadir pada pembekalan ini ketua DPC Partai Gerindra Surabaya Sutadi, sekretaris AH Thony dan para pengurus lainnya serta komisioner KPU Surabaya Nurul Amalia. Lima orang bacaleg yang kini duduk di DPRD Surabaya juga datang, selain Sutadi ada Aden Dharmawan, Lutfiyah, Rio Pattiselano dan endi Suhadi.

Komisioner KPU Surabaya Nurul Amalia membekali para bacaleg dengan menjelaskan proses pencalegan mulai pengumuman, persyaratannya sampai pengumuman daftar calon tetap (DCT).

Ketua DPC Partai Gerindra Surabaya Sutadi mengatakan saat ini yang sudah mendaftar caleg sudah lebih dari 50 orang. Tapi masih ada kekurangan caleg perempuan karena ditargetkan setiap dapil  harus ada 4 orang caleg perempuan untuk memenuhi target 40 persen caleg perempuan.

"Ini sesuai dengan populasi penduduk perempuan di Surabaya. Kami memberikan penghargaan keada perempuan dengan menempatkan target caleg kami 40 persennya adalah perempuan," ujar Sutadi yang juga anggota komisi D DPRD Surabaya ini.

Sedangkan untuk target perolehan suara di Surabaya pada pileg 2019 mendatang, Partai Gerindra Surabaya menginginkan mendulang 450 ribu suara atau setara dengan 15 kursi di DPRD Surabaya. Di Surabaya ada lima daerah pemilihan (dapil) sehingga tiap dapil ditarget mendapat 3 kursi.

Menurut Sutadi, ini tidak sekedar pasang target tetapi sudah melihat potensi Partai Gerindra Surabaya saat ini. "Target ini sangat rasional. Sudah kami perhitungkan. Tahun 2009 lalu kami dapat 38 ribu suara, lalu 2014 mendapat 120 ribu suara. Pileg 2019 kami optimis dapat 450 ribu suara," kata Sutadi.

Ditambahkan ketua Bappilu Partai Gerindra Surabaya, Salies Apriliyanto,
untuk mewujudkan kemenangan itu pihaknya telah menyusun strategi pencalegan. Mulai dari penjaringan para caleg, pembekalan hingga fit and proper sebelum diserahkan ke KPU.

Meraih target itu Partai Gerindra akan melakukan langkah-langkah teknis, dengan melakukan konsolidasi antara pengurus anak cabang (PAC), pengurus DPC serta bacaleg serta melakukan sosialisasi ke masyarakat secara masif di tingkat kecamatan, kelurahan dan tingkatan yang lebih rendah.

“Kita akan menggerakkan kader kami yang saat ini jumlahnya lebih dari 100 ribu orang. Untuk bacaleg perempuan akan kami tambah lagi 70-80 orang ,” ujar Salies Apriliyanto.

Untuk mencapai itu, Partai Gerindra telah melakukan langkah-langkah teknis dengan melakukan konsolidasi antara pengurus anak cabang (PAC), pengurus DPC serta bacaleg serta melakukan sosialisasi ke masyarakat secara masif di tingkat kecamatan, kelurahan dan ranting.

“Kita akan menggerakkan kader kami yang saat ini jumlahnya lebih dari 100 ribu orang,” katanya

Sementara komisioner KPU Surabaya, Nurul Amalia usai memberi pembekalan kepada bacaleg Partai Gerindra mengatakan untuk materi pembekalan masih digunakan PKPU lama nomor I tahun 2013. Untuk PKPU yang baru sampai saat ini diperkirakan keluar akhir bulan ini.

“Saat ini ketentuan yang digunakan PKPU No. 7 tahun 2013 tentang pencalonan,” terang Nurul Amalia.

Nurul menambahkan dalam PKPU diatur secara detail kriteria bakal calon anggota legislatif. Sebelumnya, bacaleg yang menjadi tersangka masih dimungkinkan untuk mendaftar, dengan catatan harus mengumumkannya di media terlebih dahulu.

“Tetapi jika berkaitan dengan kejahatan seksual, korupsi, narkoba para aktifis menghendaki tak bisa mendaftar agar kredibilitasnya lebih bagus,” tutur Nurul.

Sesuai tahapan pileg, 1-2 Juli pengumuman pembukaan pendaftaran, pengajuan calon 4- 17 Juli, proses verifikasi 5- 18 Juli, penyampaian hasil verifikasi 19- 21 Juli, kemudian perbaikan daftar caleg 22- 31 Juli. Sedangkan Daftar Calon sementara akan diumumkan 12- 14 Agustus dan penetapan Daftar Calon Tetap, 20 September 2018. (SK1)

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com