Pastikan Bus Laik Jalan, Dishub Lakukan RAMP CHECK PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Jumat, 25 Mei 2018 16:00

Surabayakita.com - Agar semua unit bus terutama yang berangkat dari Terminal Purabaya laik jalan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya kini rutin melakukan RAM Check. Tujuannya untuk mempersiapkan moda transportasi bus yang layak, aman dan nyaman.


Selama Ramadhan ini pemeriksaan rutin dilakukan oleh Dishub Kota Surabaya di area parkir bus. Pemeriksaan dilakukan baik untuk bus AKDP maupun AKAP.

Dengan pengecekan ini diharapkan semua angkutan bus sudah betul betul memiliki standard angkutan sesuai aturan yang berlaku. Hal ini juga untuk menghindari terjadinya kecelakaan akibat kurangnya persiapan armada yang digunakan oleh masing masing PO.

"Kami rutin menggelar RAM Check ini. Ini untuk menghindari faktor resiko di jalan raya. Kami ingin memastikan semua aramada bus ini sudah siap secara teknis untuk melayani para penumpang apalagi ini sudah akan mendekati angkutan lebaran," ujar Irvan Wahyudrajat Kepala Dishub Kota Surabaya, Jumat (25/5/2018) sore kepada Surabayakita.com.

Menurut pejabat alumunus ITS ini, dalam pengecekan tersebut petugas Dishub harus memastikan semua peralatan teknis milik bus dalam kondisi masih berfungsi normal. Jika diketahui tidak berfungsi maka diminta untuk segera memperbaikinya.

Jika semua peralatan yang menjadi persyaratan harus dilengkapi oleh bus dinyatakan bagus atau normal, petugas Dishub lantas menempelkan sticker dengan logo dan tulisan SUDAH DIUJI. Pada sticker in juga tertulis Nopol Bus dan nama petugas penguji dari Dishub.

Beberapa item yang diuji dalam RAM CHECK itu adalah ketebalan ban, kaca, whisper, sabuk pengaman, rem, lampu dan beberapa lainnya. Lainnya yang juga diperiksa petugas adalah surat surat kendaraan seperti STNK, ijin trayek dan SIM pengemudi.

"Semua bus harus melalui pengujian ini. Termasuk juga bus yang saat ini dikandangkan di garasi PO. Sebab biasanya dalam kondisi sepi penumpang banyak bus yang dikandangkan. Mereka baru beroperasi saat liburan atau lebaran. Idealnya semua bus harus lolos uji RAM Check," kata Irvan Wahyudrajad.

Kalau masih ada bus yang belum sempat mengikuti tes, mereka tetap punya kewajiban untuk diperiksa. Pemeriksaan memang dilakukan di terminal Purabaya sehingga bus harus datang ke terminal.

Untuk puncak arus mudik di terminal Purabaya diperkirakan tanggal 14 Juni (H-1). Sedangkan puncak arus balik lebaran diperkirakan tanggal 23 Juni (H+7). Posko terpadu lebaran 2018 dilaksanakan tanggal 7-24 Juni 2018.

Sementara itu untuk angkutan lebaran sesuai keputusan Kemenhub RI, jadwal angkutan jalan, ASDP dan udara dimulai  8 Juni - 24 Juni. Sedangkan angkutan laut 31 Mei - 1 Juli dan kereta api 7 Juni - 24 Juni 2018.  (SK1)

Foto : Kadishub Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajat sedang mengamati ketebalan ban bus.

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com