Tak Bosan Bangun Jembatan, Terbaru Pemkot Akan Bangun Jembatan Joyoboyo PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Senin, 04 Juni 2018 23:44

Surabayakita.com - Untuk mengurai kepadatan lalin di ruas jalur utama dari arah selatan ke tengah kota, Pemkot Surabaya siap membangun jembatan baru, namanya jembatan Joyoboyo. Jembatan ini dibangun dengan aksen Surabaya yang kental.


Di mana lokasi jembatan baru ini? Walikota Surabaya Tri Rismaharini menjelaskan kalau jembatan baru tersebut tidak berada di dekat jembatan lama yang sudah ada.

Tetapi letaknya agak ke arah barat yang akan menyambungkan kampung Pulo Wonokromo hingga depan gedung sekolah Santo Yoseph di barat terminal Joyoboyo. Pemilihan lokasi ini tentu sudah melalui kajian serius Pemkot Surabaya.

Hanya saja konsekwensinya karena di kawasan Pulo Wonokromo saat ini sangat padat dengan rumah rumah penduduk, maka untuk merealisasikannya Pemkot Surabaya perlu dana tak sedikit. Terutama untuk pembebasan lahan milik warga.

Namun dari sisi anggaran bukan menjadi soal bagi Pemkot Surabaya untuk merealisasikan proyek baru ini. Anggaran diperkirakan Rp 65 miliar untuk pembangunan jembatan Joyoboyo.

"Jembatan ini akan membantu mengurai kemacetan akses masuk ke dalam kota. Jembatan ini kelanjutan frontage road, pembebasan tanah akan banyak sekali nanti," kata Wali Kota Risma di ruang kerjanya, Senin (4/6/2018).

Upaya pelebaran jalan yang dilakukan Pemkot Surabaya melalui proyek frontage road memang sudah menyentuh wilayah Wonokromo. Tinggal beberapa puluh meter lagi realisasi proyek ini sudah sampai di bibir sungai Jagir.

Hanya saja dengan rencana ini Pemkot Surabaya perlu lahan yang lebih luas lagi untuk pintu jembatan. Pasalnya jembatan Joyoboyo ini didesain dengan lebar 19,5 meter dan panjang 175 meter.

Kenapa jembatan baru ini tidak didekatkan jembatan lama existing? Menurut Risma agar tidak menganggu ruas utama di jembatan lama yang selalu padat lalin tersebut.

Sehingga semua angkutan umum seperti bus kota, mikrolet dan trem nantinya tidak akan melewati jembatan lama tapi harus melalui jembatan Joyoboyo ini.

"Tapi cukup lewat jembatan baru. Jadi sebelum Jl Pulo Wonokromo sudah naik, sehingga kalau dari selatan ada bus atau trem bisa langsung ke terminal. Jadi, tidak ganggu jalur utama kota," ujarnya.

Jembatan Joyoboyo akan dibangun dengan anggaran APBD murni, tanpa campur tangan pihak lain. Dikerjakan multiyears mulai 2019 - 2020. Pemkot Surabaya kini tengah melakukan penyelsaian desain jembatan.

Rencananya desain jembatan ini menggunakan teknologi berbeda dari jembatan yang sudah dibangun Pemkot Surabaya sebelumnya. Jembatan ini menggunakan penahan kabel seling yang berjajar rapi mirip jembatan Suramadu. Selain taman juga akan dilengkapi dengan air mancur menari.(SK1)

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com