Warga Mudik Lebaran Diminta Tetap Manfaatkan 112 Bila Perlu Bantuan Darurat PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Rabu, 06 Juni 2018 18:34

Eddy Christanto (tengah)Surabayakita.com - Untuk menjaga agar libur Idul Fitri 1439 H Surabaya tetap aman dan kondusif, Walikota Surabaya membuat surat edaran kepada semua kelurahan. Inti surat tersebut ajakan Pemkot Surabaya agar warga ikut menjaga suasana Surabaya tetap kondusif.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Surabaya Eddy Christijanto, Rabu (6/6/2018) saat menggelar jumpa pers bersama Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Irvan Wahyudrajat.

Menurut Eddy, dalam menyambut datangnya libur panjang selama lebaran, Pemkot Surabaya telah menyiapkan beberapa langkah untuk mengamankan Kota Surabaya. Semua  Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Surabaya diwajibkan untuk mengamankan kantornya masing masing.

“Kita punya aplikasi E-piket yang dikelolah oleh BKD (Badan Kepegawaian Daerah). Ini untuk memastikan bahwa di kantor itu aman,” kata Eddy.

Artinya semua OPD harus melibatkan pegawainya untuk secara bergiliran melakukan piket selama lebaran. Teknis pengaturannya diserahkan kepada masing masing OPD. Selain mengatur masalah pengamanan masing masing kantor OPD, Eddy juga menyebutkan semua kendaraan dinas, kecuali kendaraan operasional harus 'dikandangkan' di Taman Surya.

Nantinya semua kendaraan dinas akan ditempatkan (parkir) di Taman Surya, Jimerto dan Siola. “Hingga tanggal 20 Juni tidak boleh ada satu kendaraan dinas pun yang digunakan, apalagi dibuat untuk mudik lebaran,” katanya.

Warga yang akan mudik keluar kota juga diminta untuk meninggalkan rumahnya dalam konisi aman. Mengunci pintu dan jendela dan menyalahkan lampu teras. “Jika punya dana lebih, optimalkan alarm dan CCTV. Cabut seluruh peralatan rumah, mulai gas kompor, pompa air, dan peralatan listrik yang tidak digunakan,” urainya.

Bagi yang punya hewan peliharaan, lebih baik titipkan  ke tempat penitipan atau orang yang dapat dipercaya. Jangan lupa memberitahu pengurus kampung/petugas keamanan apabila akan mudik lebaran.

“Yang terakhir yakni, sebelum meninggalkan rumah laporkan kepergian anda kepada ketua RT/RW serta tetangga terdekat,” imbuhnya.

Sementara pelaksanaan takbir keliling di Kota Surabaya tahun ini akan ditiadakan, hal ini untuk mengantisipasi adanya kecelakaan lalu lintas dan untuk menjaga ketertiban Kota Surabaya. Selain itu, menurutnya, selama libur lebaran pihaknya juga akan melakukan pengamanan di tempat-tempat ibadah.

“Nanti takbir keliling akan difokuskan di masjid-masjid. Nanti kami juga akan dibackup teman-teman dari kepolisian dan TNI, untuk pengamanan tempat-tempat ibadah,” kata Eddy.

Layanan 112 milik Pemkot Surabaya juga siap memberikan bantuan kepada warga yang mengalami kesulitan meskipun ada di luar kota. Pemkot Surabaya semampunya akan membantu dengan mengkoordinasikan persoalan yang dihadapi warga baik dari dalam maupun luar kota yang masuk melalui 112.(SK1)


 

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com