Himbauhan Untuk Pemudik, Irvan : Jangan Mudah Percaya Orang Asing PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Rabu, 06 Juni 2018 22:55

Surabayakita.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya serius menyiapkan layanan perparkiran bersamaan datangnya Idul Fitri 1439 H. Meski banyak warga yang mudik keluar kota, namun tidak sedikit juga warga luar kota yang datang berkunjung ke kota Pahlawan.


Kedatangan warga luar kota ini biasanya memang mencari tempat wisata di Surabaya. Seperti Kebun Binatang Surabaya (KBS), Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran ataupun pergi ke mall/plaza.

Tak jarang kunjungan mereka cukup membuat suasana jalan jalan Surabaya yang sepi ditinggal mudik warganya, tetapi di tempat tempat keramaian banyak orang datang. Akibatnya sarana perparkiran di tempat itu banyak yang membludak bahkan meluber hingga ke jalan raya.

"Kami sudah melakukan antisipasi terkait masalah perparkiran ini. Contohnya di kawasan KBS yang tiap tahun parkir kendaraan meluber ke jalan raya. Juga di TP banyak pengunjung yang mengira hanya bisa parkir di TP 1, padahal bisa parkir di lahan TP lainnya," ujar Kepala Dishub Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajat saat memberi keterangan pers, Rabu (6/6/2018).

Akibatnya pengunjung TP memilih simple saja, motornya diparkir di gang Kaliasin sehingga cukup membuat jalan di sekitar itu menjadi padat dan macet. Menurut Irvan hal ini sudah dievaluasi dan petugas Dishub bersama kepolisian akan mengambil tindakan.

Disamping itu, untuk mengantisipasi adanya kecelakaan selama lebaran, pihaknya juga akan melakukan ramp check pada angkutan mudik. Hal ini bertujuan untuk menjamin keselamatan masyarakat saat akan melakukan perjalanan.

“Nanti bus ada stickernya yang telah dilakukan ramp cek. Setiap kendaraan yang keluar dari terminal dalam kondisi layak jalan, Jadi kita ingin menjamin keselamatan penumpang,” pungkasnya.

Tiap hari Dishub Kota Surabaya melakukan ramp check untuk memastikan semua bus laik jalan. Tujuannya agar para penumpang yang akan mudik lebaran bisa menikmati perjalanan dengan lancar dan aman sampai tempat tujuan.

Kepada para pemudik Dishub juga meminta untuk tidak membawa barang berlebihan untuk menghindari hal yang diinginkan. Di Purabaya sendiri sekarang sudah dilengkapi dengan CCTV yang bisa mengenali wajah penjahat untuk meminimalkan resiko kejahatan.

"Waspadai dengan orang asing yang sok baik dengan memberi makanan dan minuman. Biasanya mereka beroperasi setelah naik di dalam bus. Jangan mudah percaya pada orang asing," kata pejabat alumnus ITS ini. (SK1)

Foto : Irvan Wahyudrajat (paling kanan)

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com