Hari Ini Puncak Arus Balik di Terminal Purabaya PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Rabu, 20 Juni 2018 10:53

Surabayakita.com - Arus balik penumpang bus lebaran di Terminal Purabaya diperkirakan terjadi pada hari Rabu (20/6/2018) ini. Hal ini mengingat banyak kantor kantor terutama pemerintahan yang mulai masuk kerja pada tanggal 21 Juni 2018.

Terminal Purabaya merupakan salah satu pintu gerbang masuk bagi para pemudik yang menggunakan bus dari luar kota. Baik dari jurusan barat, selatan dan timur. Meski banyak alternatif angkutan umum lainnya, angkutan bus tetap menjadi favorit untuk lebaran.

Data di Terminal Purabaya selama Selasa (19/6/2018), jumlah bus yang datang/masuk lebih banyak daripada bus yang berangkat/keluar. Ini menunjukkan jika arus balik penumpang lebaran cukup mendominasi.

Jumlah bus yang datang di Purabaya sebanyak 1.317 unit terdiri atas 511 unit bus non ekonomi dan 806 bus ekonomi. Untuk jumlah penumpang tercatat total 54.683 orang terdiri atas penumpang bus non ekonomi 16.816 orang dan 37.867 orang bus ekonomi.

Puluhan ribu pemudik itu di antaranya menggunakan bus jurusan Surabaya-Kediri-Trenggalek/Tulungagung, Surabaya-Madiun-Ponorogo, Surabaya-Malang, Surabaya-Probolinggo-Banyuwangi, Surabaya-Madura, Surabaya-Bojonegoro, Surabaya-Solo-Yogya, Surabaya-Tuban-Semarang, Surabaya-Tuban-Cirebon/Jakarta, Surabaya-Bandung dan Surabaya-Bali.

Sedangkan untuk bus yang berangkat pada 19 Juni tercatat total 1.259 unit terdiri atas bus non ekonomi 444 unit dan bus ekonomi 815 unit. Total jumlah penumpang yang berangkat sebanyak 43.571 orang.

"Memang benar diperkirakan hari ini terjadi puncak arus balik penumpang lebaran yang menggunakan bus melalui Purabaya. Akumulasi jumlah penumpang hari ini akan kami ketahui nanti tengah malam," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajat ketika dihubungi Surabayakita.com via ponselnya.

Dinas Pehubungan tetap menyiagakan para petugasnya di lapangan termasuk di Purabaya selama 24 jam nonstop untuk kelancaran arus balik ini. Sebanyak 1.400 petugas Dishub memang selama angkutan lebaran ini tidak boleh ada yang libur dan cuti. Mereka baru boleh libur setelah Idul Fitri.(SK1)

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com