Rampungkan Perubahan Nama Jl. Dinoyo-Jl.Gunungsari, Pansus Komisi D Datangi Lokasi PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Senin, 25 Juni 2018 23:36

Surabayakita.com - Tim Pansus Komisi D DPRD Surabaya yang membahas perubahan nama dua lokasi jalan di Surabaya, masing masing Jl. Dinoyo dan Jl. Gunungsari melakukan sidak di lokasi jalan yang akan dirubah tersebut, Senin (25/6/2018).


Peninjuan lokasi ini dilakukan komisi D bersama OPD terkait Pemkot dan Pemprov Jatim. Dari Pemkot Surabaya ikut dalam sidak ini Eri Cahyadi Kepala Dinas Perkim CKTR.

Ketua Pansus Perda Pengubahan Nama Jalan, Fatchul Muid, mengatakan sidak ini untuk melihat langsung kondisi riil di lokasi. Sejauh mana perubahan itu berdampak kepada masyarakat sekitarnya.

Tim Pansus menurut politisi Partai Nasdem ini ingin mengetahui kondisi di lokasi termasuk jumlah KK dan panjang jalan. Jumlah penduduk yang tinggal di dua lokasi itu juga akan menjadi pertimbangan.

"Jalan Gunungsari panjang ruas jalannya dua kilometer mulai dari bawah jembatan tol sampai dengan traffic light Brawijaya. Ada sebanyak 200 KK yang tinggal di sekitar jalan itu yang akan kena dampak perubahan nama jalan," ujarnya.

Sedangkan untuk Jl. Dinoyo lebih pendek ruasnya. Hanya sekitar 200 meter saja. Di Jl. Dinoyo dihuni sekitar 80 KK. Mereka ini yang akan merasakan dampak perubahan nama jalan tersebut.

Untuk membahas perubahan nama kedua jalan ini, komisi D sudah melakukan hearing di antaranya dengan OPD Pemkot Surabaya dan Pemprov Jatim. Hasil sidak di lokasi ini juga akan menjadi pertimbangan kajian perubahan nama jalan ini.

Hasil kajian Tim Pansus komisi D ini lantas akan dibawa ke sidang paripurna untuk dimintakan persetujuan. Kemungkinan besar tidak ada masalah krusial yang membuat perubahan nama kedua jalan ini terkendala. Baik Jl. Dinoyo maupun Jl. Gunungsari statusnya memang bukan jalan milik Pemkot Surabaya.

"Kita punya waktu 60 hari untuk mempertimbangkan semuanya. Mulai dari kajian akademis hingga nanti historis juga. Masukan dari berbagai pihak, baik dari masyarakat maupun rekan-rekan fraksi akan kami tampung untuk kami diskusikan," ujarnya.

Sementara itu Pemprov Jatim menaruh harapan besar agar perubahan nama Jl. Dinoyo dan Jl Gunungsari ini mendapat persetujuan DPRD Surabaya. Karena dengan persetujuan ini maka kedua nama jalan itu bisa dirubah.

Kepala Biro Administrasi dan Pemerintahan Pemprov Jatim Anom Suharno senang dengan progres pembahasan Tim Pansus komisi D. Karena telah melakukan langkah cepat untuk melakukan pembahasan usulan perubahan nama jalan tersebut.

"Kami sangat mengapresiasi langkah cepat Tim Pansus DPRD Surabaya untuk merampungkan pembahasan perubahan nama kedua jalan ini," ujarnya. (SK1)

 

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com