Dispendik Bantah Info Viral WA SMPN 62 Surabaya Terima Siswa Baru Tanpa Seleksi NEM PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Rabu, 04 Juli 2018 20:22

Surabayakita.com - Ada ada saja orang iseng yang menyebarkan info hoax menjelang penutupan pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) jalur umum untuk jenjang SMPN. Buktinya kini beredar info berantai melalui whatsApp (WA) yang menyebutkan SMPN 62 Surabaya menerima siswa baru dengan jumlah NEM berapapun.

"Ijin share mungkin ada yg punya saudara di daerah gunung anyar, medokan, rungkut dan sekitarnya. Informasi terbaru telah dibuka SMPN 62 di depan sekolah pelayaran surabaya dibutuhkan 4 kls mohon di informasikan apabila ada keluarga maupun tetangga mohon disampaikan mohon diinformasi ini berapa pun jumlah danem nya besok semua pendaftaran ditutup jam 14 siang.....," begitu informasi melalui WA yang beredar, Rabu (4/7/2018).

Tentu informasi ini serta merta dibantah oleh  Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya. Sebab OPD yang berwenang menyelenggarakan PPDB ini sama sekali tak pernah membuat pengumuman tersebut.

Apalagi selama ini untuk PPDB setiap tahunnya ditentukan melalui mekanisme yang dipersiapkan jauh hari sebelumnya. Penerimaan siswa baru SMPN tahun ini juga sama dengan sebelumnya, melalui online.

"Informasi atau pesan yang beredar di WhatsApp itu tidak benar. Pendaftaran PPDB hanya melalui online,” kata M.Iksan Kepala Dispendik Kota Surabaya, Rabu (4/7/2018).

Mantan Kepala Bapemas dan KB Kota Surabaya ini melanjutkan, sampai dengan pukul 14.30 WIB tadi, jumlah pendaftar di SMPN 62 sebanyak 50 siswa dengan pagu 152. Ikhsan menambahkan, pendaftaran online  PPDB SMPN  masih bisa dilakukan masyarakat hingga pukul 23.59 WIB Rabu malam.

Senada dengan Kepala Dispendik Ikhsan, Kepala SMPN 23 Surabaya Laili Fadila juga tidak membenarkan pesan berantai via WhatsApp itu. “Semua pendaftaraan PPDB, khususnya jalur umum, hanya melalui website ppdbsurabaya.net,” tandasnya.

Dispendik Kota Surabaya melaksanakan PPDB jalur umum untuk jenjang SMPN melalui dalam jaringan (daring) atau online. Laman yang bisa diakses adalah https://ppdbsurabaya.net/.

Pendaftaran dibuka sejak Senin (2/7/2018) sampai Rabu (4/7/2018) pukul 23.59 WIB dan setelah ditutupnya PPDB Jalur Umum, masyarakat dapat melihat langsung pengumuman pada laman ppdbsurabaya.net.

“Esoknya, Kamis (5/7/2018) mulai pukul 08.00 WIB bagi siswa yang sudah diterima dapat langsung melakukan daftar ulang di sekolah masing-masing”, terang Ikhsan.(SK1)

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com