Hasil Rekapitulasi KPU Surabaya, Pasangan Khofifah-Emil Ungguli Gus Ipul-Puti PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Jumat, 06 Juli 2018 16:26

Surabayakita.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya telah menuntaskan rekapitulasi suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jatim 2018. Dari hasil rekapitulasi itu pasangan Khofifah-Emil mengungguli pasangan Gus Ipul-Puti.

 


Unggulnya suara paslon nomor urut 1 ini sesuai dengan hasil quick count dari lembaga survey sebelumnya. Rekap suara di KPU Kota Surabaya ini sendiri dilakukan secara marathon memakan waktu kurang lebih 15 jam sampai selesai, Jumat pagi (6/7/2018).

Pada akhir hasil rekapitulasi ini pasangan Khofifah-Emil Dardak memperoleh total suara sebanyak 579.246. Sementara, pasangan Gus Ipul-Puti hanya mengantongi 560.848 suara.

Total suara yang masuk, baik yang sah maupun tidak sah, untuk Kota Surabaya sebanyak 1.166.484 suara. Dari jumlah itu, sebanyak 1.140.094 suara dinyatakan sah sedangkan 26.390 lainnya tidak sah.

Menurut Komisioner KPU kota Surabaya Divisi Teknis Nurul Amalia,  setelah perhitungan rekapitulasi tingkat kota selesai di lakukan, surat suara akan langsung disetorkan  di tingkat KPU provinsi. “Rencananya Sabtu tanggal 7 akan di lakukan rekapitulasi di tingkat provinsi,” katanya.

Dalam rapat pleno ini diwarnai dengan interupsi dari Sukadar, saksi dari paslon nomor 2. Menurut Sukadar, pihaknya tetap menolak untuk menandatangani hasil rekapitulasi ini. Sebab menurutnya ada beberapa cacat administrasi yang terjadi selama proses pemungutan suara.

"Sesuai PKPU no 8, pasal 25 huruf C 3 perintahnya adalah setiap masyarakat yang hadir harus membubuhkan tanda tangan. Tapi, temuan yang kita dapatkan ada satu TPS yang tidak ada sama sekali temuan petugas KPPS yang tanda tangan. Jadi, kami menolak hasil rekapitulasi ini dan akan mngajukan keberatan," kata Sukadar seusai rapat pleno. (SK1)

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com