Waspadai Puncak DB, Surabaya 384 Pasien PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Kamis, 06 Mei 2010 06:32

Merebaknya Demam Berdarah (DB) di Surabaya betul betul harus mendapat perhatian. Sebab jumlah penderita penyakit ini sangat banyak, lebih banyak daripada yang dirilis RSUD Dr. Soetomo tempo hari. Mencapai 384 orang penderita.
Jumlah pasien DB ini terbanyak justru yang berobat di puskesmas puskesmas yang tersebar di seluruh pelosok Surabaya. Data yang ada di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya yang membawahi puskesmas puskesmas tersebut, pada Januari lalu tercatat 137 pasien, Pebruari 243 pasien, Maret 349 pasien dan April 384 paqsien DB.Tiga orang pasien DB diantaranya meninggal.

Jumlah pasien DB ini sangat mengkhawatirkan karena dari data yang ada tidak mengalami penurunan dibanding tahun tahun sebelumnya. Padahal Dinkes sudah berupaya maksimal untuk menekan angka jumlah pasien dan angka kematian.

Nampaknya memang saat ini merupakan puncak DB di Surabaya. Dinkes menyalahkan faktor hujan yang mengakibatkan jumlah penderita DB tak terbendung. Menurut dr Ponco Nugroho selaku KasiPengendalian dan  Pemberantasan  Penyakit Dinkes Surabaya, hujan yang turun tak menentu menyebabkan jumlah pasien DB melambung.

"Kalau April biasanya merupakan bulan peralihan dari musim hujan ke kemarau, tapi saat ini justru masih hujan terus,"ujar Ponco.Bahkan sampai awal Mei inipun Surabaya masih terus diguyur hujan. Akibatnya nyamuk leluasa bertelur di genangan air yang tersisa. Setelah ada selang waktu tidak hujan telur telur nyamuk itu itu menetas menjadi jentik dan berkembang menjadi nyamuk dewasa.

Dikhawatirkan jika kondisi ini belum berubah hingga akhir Mei mendatang, DB akan menjadi momok yang menakutkan. Untuk mengantisipasi hal tersebut Dinkes telah mengkoordinasikan kepada puskesmas puskesmas untuk melakukan penyuluhan kepada masyarakat. "Dinkes kembali menggerakkan pemberantasan sarang nyamuk. Dengan begitu bisa meminimalisir kesempatan telur nyamuk berkembang menjadi jentik," ujar Ponco. (red)



 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com