Panwas Turun Periksa Kekisruhan DPT PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Jumat, 07 Mei 2010 06:33

Panitia Pengawas (panwas) Pilwali Surabaya melakukan gerak cepat menanggapi laporan banyak warga yang tidak masuk daftar pemilih tetap (DPT).Panwas menerjunkan anggotanya ke kecamatan kecamatan.
Sejak beberapa hari lalu petugas panwas telah melakukan pengecekan di tingkat kecamatan. Hal ini dilakukan dengan menurunkan petugas panwascam maupun petugas panitia pengawas lapangan.

Selain panwascam yang memang berwenang mengatasi persoalan di tingkat kecamatan, panwas kota juga diterjunkan. "Tujuannya untuk segera menyelesaikan persoalan DPT," kata Wahyu Hariadi, ketua Panwas.

Anggota panwas yang ikut melakukan pemeriksaan tersebut adalah Andreas Pardede yang turun di wilayah Timur dan Barat serta Soeparno kebagian tugas di wilayah Selatan dan Pusat.

Namun sangat disayangkan untuk proses ini panwas mendapat kesulitan karena panitia pemungutan suara (PPS) tidak terbuka. "PPS Bubutan tidak terbuka," kata Wahyu anggota panwas.

Selain itu panwas juga menyoroti soal pencetakan surat suara. Menurut Soeparno anggota panwas, PT Surya Antara Jaya selaku pemenang tender percetakan surat suara melakukan tugasnya tanpa adanya surat perintah kerja (SPK).

"Ini membuat kami kaget, bagaimana mungkin melakukan pencetakan surat suara tanpa ada acuan yang jelas dari SPK," kata Soeparno. Jika pencetakan suara dilakukan sembarangan bisa saja berakibat pada penggelembungan suara. (red)

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com