Jumlah Pendaftar SNMPTN Via Online Membludak PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Selasa, 18 Mei 2010 03:57

Hingga Senin (17/5), sebanyak 8.909 peserta telah mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) online lokal Surabaya. Ini meliputi lima perguruan tinggi, yakni Universitas Airlangga Surabaya (Unair), Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Trunojoyo (Unijoyo) Bangkalan, dan Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel (IAIN) Surabaya, .

Ketua Umum SNMPTN Lokal Surabaya, Prof Dr H Muhammad Zainuddin Apt, di Surabaya, mengatakan, rincian pendaftar sebanyak 3.307 peserta IPA, 3.575 peserta IPS dan 2.027 peserta IPC. Peserta SNMPTN di Surabaya diperkirakan kurang lebih sama dengan tahun sebelumnya, yaitu 30.000 peserta.Sementara kuota untuk SNMPTN dari 3 PTN di Surabaya yaitu ITS, Unair dan Unesa sekitar 4.106.

Diprediksi, jumlah peserta SNMPTN tahun ini akan meningkat. "Pendaftaran SNMPTN secara online memang baru diterapkan pada tahun ini, sehingga banyak calon mahasiswa yang masih kebingungan untuk mengisi data SNMPTN," paparnya.

Pendaftaran SNMPTN secara online bagi siswa yang lulus 2010 dilaksanakan sejak 2-31 Mei, lulusan tahun 2008 dan 2009 dianjurkan mendaftar pada 2-12 Mei. Sedangkan bagi lulusan 2010 yang mengikuti ujian nasional (UN) ulangan, bisa melakukan pendaftaran SNMPTN pada 10-12 Juni.

Budi mengimbau setiap calon peserta SNMPTN harus membaca dan memahami dengan baik setiap petunjuk yang ada, sebelum mengisi data SNMPTN secara online. Disarankan calon peserta SNMPTN mengunjungi situs www.snmptn.ac.id supaya bisa memahami dengan benar dan tidak salah mengisi data SNMPTN. Calon peserta wajib mengisi semua isian data dengan benar karena kesalahan dalam pengisian data dapat berakibat pembatalan penerimaan di perguruan tinggi negeri yang dituju.

Selain itu, Panitia SNMPTN sudah mengantisipasi kalau ada pemalsuan data yang sengaja dilakukan oleh pendaftar. Kalau ditemukan data dokumen palsu sanksinya meski peserta sudah diterima di PTN di Indonesia bisa dibatalkan haknya sebagai mahasiswa. Jika ingin informasi pendaftaran SNMPTN Lokal Surabaya bisa bertanya ke panitia lokal Surabaya di Unair atau bisa menelepon 08041450450. Ujian SNMPTN dilaksanakan 16-17 Juni. (red)

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com