Produk Makanan Luar Negeri Diawasi BBPOM PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Rabu, 19 Mei 2010 05:31

Pengawasan terhadap produk makanan dari luar negeri terus dilakukan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Surabaya. Hal ini dilakukan menyusul diberlakukannya  pasar bebas ASEAN-Cina Free Trade Agreement (ACFTA) awal tahun ini.

Kepala Bidang Sertifikasi Layanan Konsumen BBPOM Surabaya, Endang Windowati di kantornya, Selasa (18/5) mengatakan, perdagangan bebas terutama antara Cina dengan ASEAN tersebut merupakan tantangan bagi bangsa Indonesia dan hal itu harus segera disikapi dengan bijaksana oleh semua masyarakat.

Dikatakannya, agar masyarakat tetap terlindungi dari obat, makanan dan mimuman dari negara lain yang tidak memiliki izin edar dan mengandung bahan-bahan berbahaya untuk kesehatan tubuh. "Kita dapat melakukan scranning untuk mengantisipasinya," tegasnya.

Menurut Endang, demi menyikapi peredaran barang-barang tanpa izin, dan mengandung bahan-bahan berbahaya bagi kesehatan tubuh itu, ke depan pihaknya akan lebih mengintensifkan operasi di lapangan.

Operasi pasar terutama di pasar-pasar tradisional akan menjadi prioritas kita. Untuk itu kita harus melakukan penguatan-penguatan di berbagai bidang terutama sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur yang ada.

"Dalam melakukan pengawasan, sangat dibutuhkan kemitraan dari berbagai pihak lainnya. Karena BBPOM tidak dapat melakukan pengawasan sendiri di lapangan," katanya.

BBPOM dalam melaksanakan tugas pengawasan obat dan makanan dimulai dari langkah pra-pemasaran yang tujuannya untuk mengevakuasi persyaratan keamanan, manfaat dan mutu. Bila memenuhi syarat, produk tersebut akan diberikan persetujuan pendaftaran untuk diedarkan.

Untuk memastikan produk yang telah diberikan nomor persetujuan dan beredar di masyarakat tersebut tetap memenuhi ketentuan yang dipersyaratkan, pada BBPOM  melaksanakan pengawasan pasca pemasaran dengan melakukan sampling rutin dan pengujian laboratorium.(red)

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com