PTAIN Laksanakan SPMB Bersama PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Jumat, 28 Mei 2010 07:08

Tahun ini, sebanyak 52 Perguruan Tinggi  Agama Islam (PTAIN)  se-Indonesia untuk pertama kalinya menggelar SPMB bersama. Pendaftaran akan dimulai 14-30 Juni dengan sistem online melalui website www.spmb-ptain.ac.id.

Sekretaris Umum SPMB PTAIN, Sudiyono, Kamis (27/5) mengatakan, pendaftaran SPMB merupakan yang pertama kalinya digelar dalam satu sistem secara online. Ke-52 PTAIN terdiri dari 14 IAIN, 32 STAIN dan 6 UIN yang ikut dalam seleksi ini.

“Sebelumnya, seleksi dilakukan secara mandiri oleh masing-masing kampus. Jadi tahun ini untuk yang pertama kalinya digelar serentak pada 52 PTAIN yang ada di Indonesia, “ katanya.

Ia mengatakan, keputusan membentuk SPMB tak lain agar PTAIN yang terangkum di Departemen Agama memiliki standardisasi input dan output. Selain itu, sistem seperti ini juga jauh lebih efisien terutama dari sisi waktu. Ini tak lepas dari sistem pendaftaran yang dilakukan secara online.

Sebelum membuka alamat tersebut, para calon mahasiswa diharuskan membayar biaya pendaftaran di seluruh kantor BRI terdekat sebesar Rp 150 ribu. Selanjutnya, calon mahasiswa akan mendapat nomor PIN dan nomor jurnal. Keduanya digunakan untuk melakukan pendaftaran lewat online.

Di sini, calon mahasiswa dipersilakan untuk memilih tiga jurusan dari PTAIN se-Indonesia yang salah satunya ada di tempat pendaftar berasal atau memilih satu prodi di tiga jurusan se-Indonesia.

Untuk diketahui, panitia membagi dalam enam wilayah yaitu Wilayah I (9 kampus), Wilayah II (8 kampus), Wilayah III (5 kampus), Wilayah IV (7 kampus), Wilayah V (11 kampus) dan Wilayah VI (12 kampus).

Setelah dipastikan benar, maka formulir itu bisa dicetak untuk ditunjukkan pada proses validasi 5 Juli mendatang. Validasi cukup di kampus terdekat. Misal di Surabaya bisa memvalidasi di IAIN Sunan Ampel.

Ia menargetkan, tahun ini 200 ribu peserta yang mendaftar se-Indonesia untuk mengikuti seleksi ini. Sementara itu tes dilaksanakan 6 Juli dan pengumuman dilaksanakan 23 Juli pada 00.00 WIB di website. Jadwal registrasi ditentukan masing-masing kampus yang terkait. sesudah ada kesepakatan sistem bayarnya juga online lewat BRI (red)

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com