Surabaya Masih Berpotensi Hujan PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Senin, 07 Juni 2010 20:14

Meski telah hampir 2 minggu tidak turun hujan, Surabaya dan sekitarnya malam ini masih memungkinkan terjadi hujan.
Intensitas hujan diperkirakan ringan sampai lebat dengan angin yang bertiup dari arah Timur-Tenggara dengan kecepatan 9-45 km/jam dan suhu udara berkisar antara19-35 derajat celsius.

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Juanda Ahmad R Huda, Senin (7/6) mengatakan, dini hari tadi di Bojonegoro hujan deras sampai terjadi banjir.

“Saat ini, hujan terjadi di Madura Timur bagian utara, dan rata-rata di daerah di Jatim berpeluang hujan, kecuali Jatim barat bagian selatan seperti Pacitan yang berpeluang hujan sangat kecil,” kata Huda.

Untuk Kota Surabaya jika pagi tadi diguyur hujan, malam ini  juga masih berpeluang hujan. Namun intensitasnya hanya ringan. ”Dini hari dan pagi tadi Surabaya dan Sidoarjo hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Hujan diawali dari Sidoarjo, kemudian bergeser ke Surabaya bagian barat, selatan, dan timur. Tapi malam ini kalau pun hujan intensitasnya hanya ringan,” jelasnya.

Suhu udara hari ini di Surabaya berkisar 25-34 derajat celcius, angin bertiup dari timur hingga tenggara dengan kecepatan 5-25 km/jam. Kelembaban 60-95%, dan jarak pandang 3-10 km.

Sementara itu, BMKG pusat juga memberi warning (peringatan) untuk aktifitas pelayaran hingga besok, Selasa (8/6). Berdasarkan laporan, aktivitas pelayaran harus mewaspadai gelombang air laut yang berpotensi setinggi 2,0-3,0 meter dan 3,0-5,0 meter.

Perairan yag berpotensi dengan tinggi gelombang 2,0-3,0 meter, yakni selat malaka bagian utara, perairan barat Kepulauan Nias hingga Mentawai, Perairan Kepulauan Enggano, Samudera Hindia Barat Bengkulu hingga Lampung, Perairan Selatan Jawa hingga NTT, Laut Sawu, Perairan Selatan Kupang, Laut Timor, Perairan Tenggara Sulawesi Tenggara, Perairan Selatan Ambon dan Perairan Selatan Papua, Laut Arafuru Bagian Barat.

Sedangkan gelombang tinggi sekitar 3,0-5,0 meter, yakni di Laut Andaman, Perairan Utara dan Barat Aceh, Perairan Kepulauan Simeulue, Perairan Selatan Pulau Rote, Laut Arafuru Bagian Timur dan Perairan Selatan Merauke (red)

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com