Siswa Tak Mampu Dapat Beasiswa Dari BAZ Jatim PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Selasa, 08 Juni 2010 06:04

Badan Amil Zakat (BAZ) Jatim  mencairkan beasiswa untuk siswa SMA. Pencairan ini merupakan tahap pertama dari dua tahap pencairan beasiswa yang dicanangkan BAZ.
Kepala Penditribusian Dana BAZ Jatim, Khalik di Kantornya, Senin (7/6/2010) mengatakan, pencairan tahap pertama diperuntukkan bagi 208 siswa yang tersebar di Jatim, kecuali wilayah Madura. Setiap siswa akan medapatkan beasiswa sebesar Rp 720 ribu.

Sebelumnya, BAZ mengirimkan surat pemberitahuan untuk sekolah-sekolah yang siswanya mendapatkan beasiswa. Dalam surat pemberitahuan berisi informasi untuk sekolah bahwa beasiswa dapat dicairkan pada Juni.  

Rencananya, ada 500 siswa yang mendapatkan beasiswa untuk program 2010 ini. Pada tahap kedua nanti BAZ akan mencairkan untuk 292 siswa Oktober mendatang.

Beasiswa untuk SD dan SMA sudah diberikan, namun berupa perlengkapan sekolah seperti buku dan seragam. Hal ini  dilakukan untuk melengkapi program pemerintah yang memberikan bantuan operasional sekolah (BOS) pada SD dan SMP.

Pada Februari lalu BAZ juga mencairkan beasiswa untuk program 2009. Sebanyak 206 siswa mendapatkan beasiswa yang seharusnya dicairkan pada Desember 2009. Penerima beasiwa antara lain siswa Banyuwangi, Pamekasan, Lamongan, dan Surabaya.

Sejak program ini dilaksanakan, kini sudah ada 1.970 siswa yang mengajukan beasiswa. BAZ tidak memberlakukan kuota untuk penerimaan beasiswa. Setiap siswa dapat mengajukan permohonan mengajukan beasiswa ke BAZ Jatim.

Namun untuk menjaring penerima, lembaga ini berkerjasama dengan sekolah-sekolah. Sekolah mengajukan permohonan, kemudian ada tim pemeriksa kebenaran informasinya. Sebagai persyaratan siswa tersebut harus menyerahkan surat keterangan tidak mampu atau kartu Gakin dari kelurahan sebagai persyaratan mendapatkan beasiswa.  

Biasanya, beasisawa diberikan pada pembukaan tahun ajaran baru. Progaram beasiswa ini berkelanjutan, bagi siswa yang belum lulus tahun berikutnya tetap memdapatkan beasiswa sampai siswa tersebut lulus.

Pada 1999-2001 BAZ menberikan beasiswa untuk tingkat SD saja. Mulai 2002-2007 beasiswa diberikan untuk pelajar tingkat SD hingga Perguruan Tinggi. Pada 2008 beasiswa diberikan siswa SD dan SMP. Sedangkan Mulai 2009 diperuntukkan siswa SMA. Untuk siswa SD mendapatkan Rp 200 ribu dan SMP Rp 300 ribu untuk memenuhi sarana pendidikanya seperti tas, buku dan seragam (red)

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com