Butuh Data Kependudukan, Cukup Lewat Cip e-KTP PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Kamis, 20 Maret 2014 18:28

Surabayakita.com - Pelayanan publik di Surabaya akan bisa dilakukan dengan mudah melalui data kependudukan yang ada di cip e-KTP. Tapi untuk bisa menggunakannya harus mendapat ijin Mendagri.

Untuk bisa menggunakan data kependudukan warga Surabaya tersebut, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya meminta ijin kepada Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri. "Kami hari ini datang ke Kemendagri untuk menyampaikan surat guna mengintegrasikan data kependudukan di kantor kantor layanan se Surabaya," kata Moh. Suharto Wardoyo, Kepala  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya, Kamis (20/3/2014) sore.

Surat dari Sekretaris Daerah Kota Surabaya tanggal 14 Maret 2014 tersebut berisi permohonan pemanfaatan data Kependudukan yangg ada pada cip Kartu Tanda Penduduk elektronik dalam rangka pengintegrasian pelayanan di Kota Surabaya.

"Data pribadi penduduk berupa sidik jari hasil perekaman KTP elektronik dapat digunakan untuk pemanfaatan pelayanan publik antara lain untuk jaminan kesehatan masyarakat, pelayanan wajib pajak, izin usaha dan pelayanan perizinan lainnya di Pemerintah Kota Surabaya," ujar lelaki yang biasa dipanggil Anang ini.

Permintaan ijin ini karena sesuai Undang undang No 24 th 2013, menteri sebagai penanggung jawab memberikan hak akses data pribadi kepada petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

"Insya Allah kalau sudah memperoleh data sidik jari, dan pengadaan alat pemindai sidik jari di setiap pelayanan publik sudah dilakukan, baru bisa dilaksanakan," tambah Suharto.

 

Hanya saja untuk bisa segera menerapkan layanan data warga terintegrasi ini secara menyeluruh masih terbentur anggaran. Sebab pada perubahan APBD tahun anggaran 2014 baru dianggarkan 10 alat pencetak KTP elektronik."Mungkin baru APBD tahun anggaran 2015 dianggarkan untuk card reader (alat pembaca KTP-el)," ucap Suharto. (son)

 
Copyright © 2017. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com