Lomba Desain Batik Corak Lokal PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Selasa, 01 April 2014 16:18

Surabayakita.com - Memperkaya corak khas batik sekaligus melestarikan seni batik, Pemprov Jatim kembali menggelar lomba desain batik 2014.

Tujuannya untuk meningkatkan kecintaan masyarakat akan batik. Lomba ini rutin dilakukan  Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Kepala Disperindag Prov Jatim, Dr Ir Budi Setiawan MMT, Selasa (1/4)mengatakan, tujuan lomba ini adalah untuk menggali ide kreatif dari para pengrajin batik, Desainer, Mahasiswa, Pelajar, Guru dan masyarakat umum lainnya.

Selain itu, meningkatkan kecintaan dan kepedulian terhadap batik khas Jawa Timur. Batik yang merupakan bagian dari program industri kreatif terus diupayakan pengembangannya. Oleh karena itu, Disperindag Jatim berupaya fokus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia dengan pelatihan desain, memberikan apresiasi dengan menyelenggarakan lomba-lomba desain dan memberikan fasilitasi desain produk dan kemasan gratis bagi IKM (Industri Kecil Menengah).

"Kami berharap dengan adanya lomba ini akan mampu menghasilkan desain-desain baru yang fashionable dan tetap mengedepankan corak lokal. Sehingga desain tersebut mampu mewujudkan pelestarian batik tulis sebagai salah satu warisan budaya dunia," ujarnya.

Lomba desain batik ini dikhususkan bagi masyarakat Jawa Timur dengan mentaati berbagai syarat. Di antaranya adalah, desain tersebut karya sendiri dan bukan tiruan serta belum pernah dilombakan atau dipublikasikan. Kedua, setiap peserta wajib menyerahkan kain dengan panjang 2 meter dengan lebar bebas yang diujungnya dicantumkan tanggal pembuatan batik.

Selanjutnya, peserta adalah perorangan dan hanya diperbolehkan mengikuti satu kategori dari empat kategori yang diperlombakan. Selain memenuhi diharuskan memakai karya asli sebagai persyaratan, karya peserta juga diharuskan memenuhi unsur estetika, daya guna dan karya ramah lingkungan dan tahan lama.Peserta harus menyetor desain batik ini paling lambat 18 April 2014.(red)

 
Copyright © 2017. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com