Walikota Tak Masalahkan Perubahan Nama PDAM PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Kamis, 03 April 2014 15:21

Surabayakita.com - Usulan perubahan nama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surabaya menjadi Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB) tidak persoalkan walikota Surabaya, Tri Rismaharini.

Risma mengakui jika selama ini produksi air PDAM Surabaya belum siap diminum secara langsung. Sebab air yang dialirkan melalui jaringan pipa ke rumah rumah pelanggan hanya air bersih saja.

Soal nama kata Risma bukanlah menjadi persoalan besar bagi BUMD milik Pemkot Surabaya tersebut. Termasuk jika PDAM namanya akan dirubah menjadi PDAB.

Hanya saja sebagai pemilik PDAM, Pemkot Surabaya tak akan berusaha untuk mengubah kualitas air PDAM dari air bersih menjadi air siap minum.Sebab untuk mengubahnya dibutuhkan dana investasi yang tak murah.

Salah satunya yang harus segera diremajakan jika harus mengubah menjadi air siap minum adalah jaringan pipa yang ada saat ini. Sebab seperti diketahui jaringan pipa yang tertanam di dalam tanah saat ini banyak yang usianya sudah uzur bahkan ada yang peninggalan Belanda.

"Kalau mau merubah menjadi air siap minum sebenarnya mudah tetapi harus menyiapkan dana yang besar, bahkan triliunan rupiah. Jaringan pipa yang ada saat ini banyak yang sudah tua dan rusak," kata Risma di balai kota ketika ditanya soal ini, Kamis (3/4/2014).

PDAM saat inipun kata Risma telah melakukan penggantian pipa pipa yang sudah tua dan rusak. Karenanya kalau ada keluhan air keruh dari pelanggan itu karena ada perbaikan pipa yang saat ini sedang dilakukan.

"PDAM telah melakukan perbaikan pipa pipa PDAM ini. Dananya cukup besar, satu kelurahan saja minimal harus disediahkan dana Rp40 miliar," kata walikota perempuan pertama di Surabaya ini.

Sementara itu, anggota Komisi C DPRD Surabaya, Dedy Prasetya berharap agar pelayanan PDAM menjadi fokus manajemen saat ini. Tidak hanya di daerah pusat kota saja tetapi juga melingkupi daerah pinggiran."Kami minta semua wilayah menjadi perhatian termasuk wilayah pinggiran," katanya.(son)

 
Copyright © 2017. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com