Memilih Pekerjaan Yang Tak Bikin Boring PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Jumat, 13 Juni 2014 16:20

Surabayakita.com – Setiap orang mendambakan karir dan pekerjaan yang menyenangkan. Seseorang yang memiliki karir dan pekerjaan yang menyenangkan jarang mengalami kejenuhan atau kebosanan.

Karir atau pekerjaan yang menyenangkan bagi seseorang memiliki ukuran yang berbeda-beda. Menyenangkan dapat berarti pekerjaan itu sesuai keinginannya, kebutuhannya, hobinya, cita-citanya, skill yang dimilikinya bahkan karena pekerjaan tersebut memiliki tantangan yang seru dan memberikan ruang untuk mengembangkan diri.

Memang tidak semua orang memiliki paradigma yang sama tentang bekerja. Ada yang bekerja atau berkarir sekedar untuk pemenuhan kebutuhan hidup, ada juga untuk pemenuhan kebutuhan sosial, dan ada yang bekerja karena ingin terus berkembang dan berinovasi.   Apapun latar belakang pemikiran dan alasan kita bekerja seharusnya dilakukan dengan senang hati sehingga menjadi pekerjaan yang menyenangkan.

Salah satu pekerjaan yang menyenangkan karena dapat menjadi tempat untuk mengembangkan diri dan potensi adalah Event Organizer (EO). Berkarir di bidang EO,  membutuhkan kreativitas tinggi dan yang pasti sangat menyita waktu. Bekerja di bidang EO harus selalau dalam posisi stand by alias selalu siap sedia kapan pun dan dimana pun kalau diperlukan. Bepergian, “traveling” dan bertemu banyak orang merupakan aktivitas rutin pekerja atau pebisnis di bidang EO.

“Punya aktivitas di dunia EO itu sangat menyenangkan dan menantang. Karena banyak hal yang harus kita kerjakan dan selesaikan dengan target yang sempurna atau event yang digelar sukses. Bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang, mempersuasi banyak pihak untuk mendukung event kita, semua itu adalah tantangan yang menyenangkan,” Kata Dian Eka Riyani, dari Divisi Penggalangan Partisipasi Dan Jejaring Sosial Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial Jawa Timur pada Surabayakita.com.

Eka yang selalu kebagian tugas menggalang massa yang akan berpartisipasi dalam event dan menggaet sponsor ini mengatakan, bekerja di EO, selain menantang juga seru karena semua SDM yang terlibat di sebuah EO dituntut untuk kreatif dan inovatif. Tapi diakui Eka, banyak orang juga yang merasa kesulitan untuk memulai terjun di dunia EO, terutama kesulitan dalam menggandeng partner untuk menjadi sponsorship dalam sebuah event.

Berikut langkah-langkah terkait penggalangan dukungan sponsor yang dilakukan dalam menyelenggarakan event.
*  Bikin Konsep Yang Unik
Bikin konsep yang unik, beda, kreatif, memiliki daya tarik, dan dampak positif di segmen anda, masyarakat umum dan calon sponsor yang akan anda jadikan sebagai partner dalam event. Intinya, dalam membuat proposal try to think out of the box, dan jangan copas alias copy paste dari acara sebelumnya atau dari sumber lain di internet.  

*  Proposal Eye Catching
Bikin proposal yang eye catching. Tunjukkan kreativitas dan inovasi dalam proposal agar “calon sponsor” tertarik untuk membaca dan “deal”. Mengingat pihak perusahaan biasanya tidak tertarik membaca proposal yang standar, kaku dan monoton.

*  List & Link Perusahaan
Mulai membuat daftar perusahaan “nge-list” perusahaan yang akan dijadikan target sponsor. Proposal akan mudah goal jika sesuai dengan target Corporate Social Responsibility (CSR), brand image, dan target market perusahaan. Bangun semangat meskipun belum memiliki banyak link. Manfaatkan mesin pencari di internet untuk membangun link dengan bagian Corporate Communication, Corporate Secretary, CSR, atau bagian Marketing Communication. Kemudian sebar proposal ke perusahaan yang sudah di list, dan usahakan sampai di tangan pihak yang anda tuju, jangan sampai berhenti di pos satpam.  Jaman sekarang untuk proposal dapat juga by email, yang penting tetap harus membangun komunikasi yang intens. (END)

 
Copyright © 2017. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com