Jangan Tunda Memulai Bisnis Online PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Minggu, 11 Januari 2015 12:20

Surabayakita.com - Bisnis online sangat cocok untuk siapapun. Tak terkecuali perempuan yang telah memiliki kesibukan sebagai wanita karir yang bekerja di luar rumah maupun bagi perempuan yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga yang juga memiliki segudang kesibukan di tengah anak dan keluarga.


Bisnis online bisa menjadi lahan utama mencari pendapatan, dapat pula menjadi bisnis sampingan sebagai penambah pundi-pundi pendapatan. Selain dapat dikerjakan oleh siapapun, bisnis online juga dapat dilakukan di mana saja yang penting ada komputer, koneksi internet atau gadget yang sekarang semakin canggih.

Praktisi bisnis online Dian Natalia yang juga Public Realtion WOSCA (Woman Online Bisnis Community Surabaya) pada Surabayakita.com mengatakan, bisnis apapun semuanya harus dimulai dengan doa, niat, kemauan, keberanian dan tindakan. Termasuk bisnis online yang bahkan dapat dijalani oleh siapapun. Entah itu perempuan bekerja, ibu rumah tangga, mahasiswa atau pelajar, semua dapat menjalani bisnis online.

“Kemudahan untuk bisnis sekarang sudah ada. Kecanggihan teknologi yang memberikan kita fasilitas, seperti smartphone, memudahkan kita untuk menjalani bisnis online. Sayang banget kalau kemudahan ini kita sia-siakan hanya karena ragu, nggak punya modal, nggak ada waktu. Itu Cuma alasan untuk mencari alibi karena kita tidak segera memulai,” kata pemilik Tokozio.com pada sebuah perbincangan dengan Surabayakita.com.

Dian juga mengatakan, bisnis online merupakan primadona bagi sebagian orang yang mengetahui  potensi pasar dan potensi penghasilan yang dapat diraih dari internet. Pasar yang begitu besar merupakan potensi luar biasa untuk menekuni bisnis online. Namun, bagi sebagian orang, memulai dan mengembangkan bisnis online sering dianggap tidak gampang.

Berikut ini tips yang dibagi oleh Dian Natalia pada pembaca Surabayakita.com.

@ Melek Internet.
Artinya tidak hanya mampu menggunakan internet saja tetapi juga mampu memanfaatkan teknologi internet untuk meningkatkan kualitas ilmu dan pengetahuan sehingga penggunaan internet bisa meningkatkan kualitas bisnis yang kita jalani.

@ Niat Dan Tujuan.
Dalam menjalani bisnis apapun kita harus memiliki niat yang baik dan besar, yang kemudian diikuti dengan menetapkan tujuan. Tujuan yang kuat dapat dijadikan patokan serta sumber motivasi ketika ditengah jalan ada godaan yang menerpa bisnis anda.

@ Fokus.
Apapun bisnis yang anda jalankan pasti membutuhkan komitmen. Untuk menjalankan komitmen, seorang pebisnis harus fokus pada bisnis online yang anda jalankan. Dengan fokus, anda dapat mencurahkan perhatian anda secara total untuk mengembangkan bisnis online anda.

@Bangun Networking.
Semua bisnis off line maupun online menempatkan jaringan atau networking sebagai aset yang sangat berharga. Pebisinis online harus dapat membangun komunikasi yang baik dalam berinteraksi siapapun. Mempelajari berbagai macam karakter manusia juga diperlukan agar komunikasi semakin lancar untuk membangun networking.

@ Pantang Mundur.
Selain membangun networking, yang tak kalah penting adalah membangun semangat, memotivasi diri agar tidak memiliki mental putus asa. Harus pantang mundur dan maju terus.Yang harus diketahui oleh pebisnis pemula adalah orang yang sudah meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnis online pernah mengalami hambatan dan rintangan yang tidak gampang dihadapi.Tapi pantang mundur, terus berusaha dan tetap konsisten akan membuat anda bangkit. Lakukan evaluasi dan koreksi secara periodik agar bisnis online tetap terkontrol dan jangan cepat menyerah.

@ Jangan Tunda.
Banyak orang yang NATO (No Action Talk Only) dan selalu menunda untuk memulai bisnis online. Ada yang beralasan tak punya modal, tak memiliki cukup waktu, tidak memiliki teman, pemalu, dan masih banyak lagi. Yang benar adalah tentukan tiap langkah dalam menjalani bisnis online anda dan segera lakukan, jangan ditunda. Menunda memulai bisnis online berarti menunda kesuksesan. Bagi yang sudah menjalani bisnis online, menunda melakukan inovasi atau menunda mengembangkan akan membuat bisnis online anda berjalan dengan lambat. Dan lawan rasa malas dan lakukan sekarang. (Endah)

 

 
Copyright © 2017. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com