Ibu Adalah Sekoci Bagi Keluarga PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Senin, 22 Desember 2014 05:00

Surabayakita.com – Selamat Hari Ibu yaaa...untuk ibu-ibu yang membaca tulisan ini. Semoga selalu bahagia, karena kebahagiaan yang dirasakan ibu akan berdampak pada  energi positif untuk seluruh keluarga dan lingkungannya.

Meski kita masih sering mendengar ungkapan yang merupakan nilai plus bagi seorang ibu, yang merefleksikan tentang cinta, kasih, perjuangan, pengorbanan, ketulusan, dan lain lain yang intinya ibu adalah sosok yang tulus penuh cinta kasih untuk anak dan keluarga dan untuk semuanya.

Ibu adalah lentera yang mampu menerangi keremangan bahkan kegelapan. Ibu adalah penuntun di kala kita bingung tak tahu harus ke mana. Ibu adalah kekuatan di saat kita terpuruk dan lemah menghadapi berbagai masalah. Ibu adalah motivator yang selalu siap membangkitkan kita di kala putus asa. Ibu adalah pendoa sejati yang tak kenal  lelah, rela berkorban untuk kebahagiaan anak dan keluarga. Dan masih banyak lagi ungkapan sanjungan yang menempatkan ibu di posisi yang agung.

Ada satu lagi ungkapan tentang IBU, yang disampaikan Irma Sustika founder Woman Preneur Community (WPC) di sela acara Grand Final Inspiring Woman Preneur Competition 3 yang diselenggarakan di Surabaya Senin 21 Desember 2014.

“Ibu atau perempuan itu adalah sekoci. Ibarat sekoci, ibu harus bisa menyelamatkan kapal induk. Kita tidak pernah tahu kapan kapal induk yang kita naungi akan mengalami masalah. Di sini ibu atau perempuan harus selalu siap sebagai penyelamat, agar kapal induk tidak sampai terguncang apalagi tenggelam,” kata Irma pada Surabayakita.com.

Agar ibu atau perempuan dapat berfungsi sempurna sebagai sekoci, salah satu kunci utamanya menurut Irma adalah harus mandiri dalam banyak hal. Oleh sebab itu Irma selalu mengajak para perempuan untuk menjadi inspirasi bagi perempuan lain di segala bidang.

Bidang yang dapat ditekuni para ibu atau perempuan adalah dunia bisnis. Di era digital, tak ada alasan bagi perempuan untuk mengatakan tidak ada waktu karena harus mengurus anak dan suami. Karena bisnis bisa dilakukan di mana saja, khususnya di rumah.

“Saya mendirikan Woman Preneur Community karena pingin marah pada perempuan, pada ibu-ibu rumah tangga, yang memanfaatkan sosial media hanya sebagai ajang curcol, mengumbar masalah pribadi, pamer, berkeluh kesah. Sosial media bisa dimanfaatkan untuk menjual karya,” imbuh motivator kepribadian di Jakarta ini.

Irma juga mengatakan, untuk dapat menjadi perempuan yang inspiratif, tidak harus diukur dengan sukses besar, bisnis yang menggurita di mana-mana, tapi dapat dimulai dari yang simple atau hobi seperti yang dilakukan para member WPC.

^    Jangan Berhenti Pada Niat
Niat itu memang penting, tapi kalau hanya diucapkan bahkan hanya dalam hati, tidak pernah ada realisasi, niat hanya sekedar niat, dan kita tidak akan pernah merasakan menjadi perempuan yang inspiratif dan sukses. Kalau sudah punya niat, harus segera mulai.

^    Mulai Dari Hobi
Perempuan punya banyak potensi yang bisa digali dari hobi yang dimiliki. Yang hobi kuliner, jangan hanya menghabiskan budget dari suami untuk menjajal resto dan makanan favorit. Tapi harus mengubah mind set, tidak hanya menjadi konsumen tapi produsen. Coba mengutak-atik resep, praktikan, jadikan bekal suami kerja, atau bekal sendiri ke kantor, berikan sebagai gift ulang tahun untuk sahabat atau tetangga. Begitu juga yang memiliki hobi lain dapat melakukan hal yang sama.

^    Manfaatkan Sosial Media
Ibu-ibu atau perempuan paling rajin update status. Mulai sekarang ubah isi status dengan sesuatu yang berkualitas, bermakna, inspiratif dan produktif. Artinya manfaatkan sosial media untuk strategi promosi. Kalau biasanya hanya ngelink dengan teman, coba masuk ke komunitas untuk membangun networking.

^    Jangan Lelah Cari Ilmu
Jangan meng-kotak-kan diri pada tempat yang membuat anda merasa cepat puas dengan apa yang telah anda lakukan dan ciptakan. Terus cari ilmu dengan mengikuti berbagai seminar, coaching dan kegiatan produktif lainnya yang akan semakin memperkaya dan memperbaiki kualitas bisnis yang anda jalankan.

Selamat Hari Ibu dengan semangat mandiri....!!!(Endah)

 
Copyright © 2017. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com