Obat dan Makanan Illegal Senilai Rp5,6 M Dimusnahkan PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Jumat, 11 Desember 2015 17:00

Surabayakita.com - Obat dan makanan illegal senilai Rp5,6 miliar dimusnahkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan  (BPOM) Surabaya, Jumat (11/12/2015). Barang barang illegal ini didapat selama operasi pengawasan digelar tahun ini.

Barang bukti ini hasil dari pengawasan 2014-2015, seperti kosmetik, obat keras yang dijual di sarana ilegal, obat tradisional, dan pangan.

Pemusnahan tersebut terdiri dari 186 ribu kemasan kosmetik illegal, 173 ribu kemasan obat tradisional, 102 ribu kemasan obat keras, 26 ribu kemasan pangan  illegal. Pemusnahan dengan cara dibakar dan sudah mendapat izin resmi dari Kejaksaan.

Assisten III Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Prov Jatim, M Shofwan mengatakan, seiring dengan akan berlakunya MEA, pemerintah akan selalu bekerjasama dengan pihak terkait seperti Badan POM, Polda Jatim, Kejati Jatim, Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim, dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jatim untuk pengamanan makanan dan obat tersebut.

“Pengawasan ini sangat membantu dan bermanfat bagi masyarakat, agar lebih teliti dan waspada dalam mengkonsumsi,” katanya.

Barang barang illegal berupa produk yang masuk atau diperdagangkan tanpa melalui prosedur perizinan yang berlaku. Sehingga dikhawatirkan jika produk tersebut digunakan konsumen akan merugikan.(SK2)

 
Copyright © 2017. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com