Dell EMC Merilis Produk-Produk Open Networking Terbaru PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Rabu, 17 Mei 2017 18:36

Surabayakita.com,Jakarta - Untuk memenuhi kebutuhan customers guna memudahkan operasional Teknologi Informasi (TI), Dell EMC kini melakukan transformasi digital, Open Networking baru.


Dengan  kemampuan Open Networking baru akan sangat membantu para pelanggan dalam operasional TI. Kemampuan digital baru ini akan memudahkan customers dalam mengendalikan operasional bisnis mereka sehingga bisa cepat meraih pengembalian investasi.

Hal ini disampaikan Senior Vice President, Networking, Enterprise Infrastructure & Service Provider, Dell EMC, Tom Burns, di ajang Dell EMC World 2017, yang digelar 8-11 Mei 2017 lalu, di Las Vegas.

Menurutnya, saat ini, mempertahankan daya saing membutuhkan Transformasi Digital. Langkah logis pertama dalam proses ini adalah melakukan Transformasi TI untuk memodernisasi data center, mengotomatisasi produktivitas dan mengubah model operasional.

Arsitektur jaringan yang fleksibel adalah kunci karena dengan ini perusahaan-perusahaan dapat memberikan respon lebih cepat terhadap kebutuhan internal perusahaan atau pelanggan yang terus berubah dengan gangguan yang lebih sedikit dan biaya yang lebih rendah.

"Di Dell EMC, kami yakin bahwa jaringan dapat memaksimalkan kinerjanya ketika dibuat menjadi sistem terbuka (open). Dengan cara seperti ini,  pelanggan dengan skala sebesar apapun memiliki pilihan dan kemampuan yang optimal,"kata Tom Burns.

Dengan memilah-milah software sistem jaringan, dan dengan memisahkan software jaringan dari platform hardware, ungkap Tom, perusahaan dapat melepaskan diri dari lingkungan jaringan sebelumnya yang cenderung kaku dan eksklusif untuk menerapkan prinsip-prinsip jaringan yang diatur oleh software dan mendorong inovasi dalam berbagai skala.

Laporan total biaya kepemilikan (TCO) baru-baru ini dari ACG Research, yang sebagian didanai oleh Dell, mempelajari tentang penyedia layanan Tier 1 terkemuka yang melakukan analisis dan pengujian secara menyeluruh terhadap model-model virtualisasi fungsi jaringan (NFV) dalam skala besar untuk infrastruktur layanan nasionalnya. Penyedia layanan Tier 1 ini memilih desain modular terbuka dan dapat diperluas sebagai pondasi untuk menghadirkan elemen-elemen penting dalam penyediaan layanan PODs (dimensi infrastruktur yang dirancang untuk penggunaan dan replikasi yang cepat).

Hasil riset tersebut menunjukkan total biaya kepemilikan/TCO kumulatif selama 5 tahun dari POD arsitektur terbuka (OAP) dalam desain operator tersebut hanya 53% dari TCO kumulatif bila dibandingkan dengan POD yang terintegrasi kuat (TBP); Belanja modal OAP 47% lebih sedikit; Pengeluaran operasional OAP selama 5 tahun adalah sebesar 57% dari TBP.

Selain itu, aplikasi baru atau pembuatan layanan di OAP membutuhkan waktu 1/3 dari waktu rata-rata. Dan alasan mendasar dari keuntungan ini adalah keterbukaan dalam desain hardware dan software komponen, otomatisasi yang luas berbasis standar terbuka serta antarmuka pemrograman aplikasi (API) dan model-model informasi standar.

Sebagai perintis dalam teknologi Open Networking, Dell EMC memenuhi janjinya untuk menghadirkan jaringan yang diatur software (SDN) agar operasional jaringan menjadi lebih fleksibel, dapat diprogram dan lebih mudah dikelola. Jaringan cerdas dan bisa diprogram sangat penting bagi transformasi operasional TI dan memenuhi kebutuhan dan permintaan aplikasi dan beban kerja data center yang terus berubah.

Tom Burns mencontohkan seri S5100-ON terbaru adalah switch 25GbE Open Networking pertama dari Dell EMC, yang menawarkan throughput switch 2x lebih sebesar dari 10GbE untuk konektivitas in-rack. S5100-ON kompatibel dengan server Dell EMC PowerEdge generasi ke-14 terbaru yang dilengkapi dengan dukungan 25GbE asli.

Uplink switch 100GbE dirancang untuk konektivitas fabric 100GbE, yang mempercepat lalu lintas jaringan rack-to-rack (timur-barat). Ini sangat ideal bagi penyedia Web 2.0, perusahaan, dan penyedia cloud yang ingin memaksimalkan kinerja aplikasi dan layanan.

Seri S4100-ON terbaru menghadirkan switches Open Networking data center yang multi-fungsi dan terdepan, yang dioptimalkan untuk kepadatan tinggi 10GbE fiber/copper atau server Fibre Channel 8/16/32 dan jaringan area lokal (LAN) terkonvergensi/ jaringan area penyimpanan (SAN) di dalam rak. Semua switch ini termasuk port uplink 100GbE berkinerja tinggi untuk komunikasi antar-rak.

Yang termasuk dalam keluarga ini adalah S4148U, switch terpadu terbaru untuk lalu lintas Ethernet dan Fibre Channel agar terhubung ke solusi penyimpanan Dell EMC yang terkemuka di industri. Switch Open Networking ini mendorong batas atas konektivitas Fibre Channel sebagai switch teroptimasi pertama dari Dell EMC guna mendukung Fibre Channel 32Gb bagi pelanggan yang ingin menggabungkan operasi LAN/SAN.

Desain unik S4148U memungkinkan pelanggan untuk menggunakan ethernet terdepan dan switching Fibre Channel dalam switch fisik yang sama atau menggabungkan LAN/SAN menggunakan Fibre Channel-over-Ethernet.

“S5100-ON dan S4100-ON merupakan produk pertama yang dikapalkan dengan standard OS10 Enterprise Edition, sistem operasi jaringan unggulan baru dari Dell EMC. Berbasis teknologi open source dari Linux Foundation dan Open Compute Project, OS10 Enterprise Edition adalah sistem operasi jaringan modular generasi masa depan dan bisa diprogram yang dirancang untuk lingkungan jaringan tradisional dan DevOps,”paparnya.

Ada pula paket OS10 Enterprise Edition menyediakan fungsionalitas jaringan layer 2 dan layer 3, namun juga memungkinkan pelanggan untuk dengan mudah melakukan penyesuaian software untuk lingkungan yang berbeda. Pelanggan dapat mengintegrasikan kemampuan open source tambahan, menambahkan aplikasi pihak Linux ke-3, atau mengembangkan software mereka sendiri menggunakan alat standar dari Linux dan DevOps.

Seri Dell EMC N1100-ON terbaru adalah keluarga switch yang hemat energi dan hemat biaya untuk lingkungan kampus. Seri ini mencakup sejumlah switch tanpa kipas dengan pilihan lebar setengah dan penuh, versi Power over Ethernet (POE / POE +) dan non-POE, dan konfigurasi port dari 10/100 /1000Mbps sampai 1/10GbE.

Switch N1100 terbaru mendukung inisiatif IoT dan transformasi tenaga kerja yang mendorong ruang kerja yang mengedepankan koneksi nirkabel. Dengan demikian pengguna dan jalur akses dapat tetap terhubung di mana pun mereka berada.

Ideal untuk lingkungan usaha kecil dan menengah, switch tersebut melengkapi switch yang baru saja diumumkan, N3100-ON dan N2100-ON yang dirancang untuk lingkungan kampus yang lebih besar. Switch N3100-ON dan N2100-ON adalah switch Multi-Gig Open Networking yang dioptimalkan untuk jaringan kampus berkecepatan tinggi 2.5GbE/5GbE untuk mendukung infrastruktur LAN nirkabel generasi masa depan di lingkungan enterprise.

Kemitraan strategis dengan para pakar di bidang teknologi dan industri dapat membantu mempercepat transformasi IT dan tenaga kerja. Dengan memanfaatkan praktik-praktik terbaik, perangkat dan layanan dari mitra terpercaya, divisi TI dapat melaksanakan tugas-tugas transformatif awal dengan lebih efisien, dengan tetap memfokuskan sumber daya dan bakat yang memberikan perubahan paling besar dalam perusahaan. (SK3)

Teks foto :
Pada ajang Dell EMC World 2017, yang digelar 8-11 Mei 2017 lalu, di Las Vegas, Dell EMC merilis produk-produk open networking.

 

 
Copyright © 2017. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com